Hari Raya Idul Fitri 1430 H Kemungkinan Tanggal 20 September 2009



Share
Setelah menyiapkan Info Mudik Lebaran dan mencoba menulis tentang SMS Ucapan Selamat Idul Fitri, walaupun postingan Kumpulan dan Koleksi SMS Lucu, Humor dan Romantis Selamat Idul Fitri / Lebaran 1430 H ini saya mundurin tanggalnya, ternyata masih ketahuan juga sama beberapa teman kalo saya mulai sentil keyword dadakan SMS Ucapan Lebaran.

Biasanya keyword musiman tersebut akan meledak besok atau lusa. Dari beberapa hari yang lalu sudah banyak dibidik beberapa blog haus trafik, dan para praktisi SEO dalam meningkatkan pengunjung dan juga mengecilkan rangking alexa.

Sekalian mencari Informasi  Keputusan Resmi Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1430 H, yang katanya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H kemungkinan jatuh pada hari Minggu 20 September 2009. Biasanya hari Lebaran menunggu Ru'yatul hilal 29 Ramadhan. Mengamati Hilal untuk Menentukan 1 Syawal / Idul Fitri 1430H yang dilakukan oleh para ahli.
Menteri Agama M. Maftuh Basyuni mengatakan, lebaran Idul Ftri atau 1 Syawal 1430 H kemungkinan akan jatuh pada hari Minggu 20 September 2009.

“Kenapa hari raya tersebut jatuh pada tanggal 20 September 2009, karena menurut perkiraan kami pada 19 September 2009 atau 29 Ramadhan tersebut, hilal sudah berada di atas ufuk antara 3-5 derajat,” kata Menteri Agama Maftuh Basyuni sebelum rapat paripurna DPR RI di Jakarta, Senin (14/9) .

Jadi dengan demikian sudah dapat dijadikan penetapan 1 Syawal, kecuali pada hari tersebut terjadi mendung, hujan dan bulan tidak dapat dilihat, sehingga kemungkinan bisa ada ketentuan lain.

“Namun petugas kami sudah disiapkan untuk melihat hilal tersebut diengkapi dengan peralatan yang sangat canggih, sehingga kemungkinan salah sangat kecil, dan jajaran LIPI, Boscha, dan Depkominfo juga sangat aktif membantu pendeteksian hilal tersebut,” ujar Menag.

Namun kepastian penetapaan hari raya akan dilakukan di dalam sidang Isbat yang akan dilakukan pada hari Sabtu 18 September 2009, mendengarkan masukan dari Ormas Islam yang ada di Indonesia.

Diharapkan pemajuan lebaran yang berdasarkan penanggalan jatuh pada 21 September 2009 dapat diterima oleh semua pihak dan diharapkan tidak meresahkan selama pers bisa mengsosialisasikan dengan baik.

Sementara itu, pihak Muhammadiyah sudah pula menetapkan 1 Syawal 1430 pada 20 September 2009 dan mereka sudah memiliki cara penghitungan tersendiri dan diharapkan lebaran tahun ini bisa bersamaan, tanpa menimbulkan masalah. (mf/toeb)

5 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


albri said...

nembak teruuuuuuuuuuuuus.....

Hendra Lesmana said...

hehehe ai lop yu pul :) mo ikutan ah, ikutanlebaran maksudnya xixi

Internet articles said...

Your weblog is very good

Handoko Tantra said...

Ayo mas...incar keyword yang lagi ngetrend..he..he..

Anonymous said...

Sudah ada melihat Hilal di daerah Cakung Jakarta Timur dan Sukabumi Jawa Barat. Hasil sidang Isbat akan melakukan cros check. Karena tahun ini Hisab sudah keluar Hilal belum.

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...