Sukarno and fellow nationalist Muhammad Hatta



Share
On August 17, 1945, immediately following Japan’s surrender to the Allies, Sukarno and fellow nationalist Muhammad Hatta declared Indonesia’s independence. The next day the provisional parliament adopted a constitution and elected Sukarno president.

The constitution included the Pancasila in its preamble and gave the president a great deal of authority. The Dutch refused to accept the independence proclamation. For the next five years Indonesia and The Netherlands negotiated and fought with one another.

Finally, in December 1949 the Dutch acknowledged Indonesia’s independence, but the status of the western half of New Guinea (now the province of Papua) remained in dispute.

Although Sukarno was an important symbol of the national struggle against the Dutch, he soon lost political ground to domestic rivals. By 1949 he was little more than a figurehead, while real political power lay with the prime minister.

This arrangement was made official in new constitutions adopted in 1949 and 1950, which established a parliamentary, rather than presidential, political system for Indonesia.



14 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


balidreamhome said...

sayang seribu sayang kalau nama dia sekarang cuma jadi barang dagangan dan merebut pengaruh dari pengagumnya dan cuma jadi sarana promosi untuk meraih pursi dan kedudukan, dia pasti sedih juga :-)

Jafriko said...

wah emang namanya tak mungkin terlupan dari benak rak yat indonesia...

DeLiA said...

cari-cari shoutbox ga nemu
*atau karena kurang jeli..??*

gw merinding deh klo liat detik-detik proklamasi ini.. campur aduk perasaan gw.. Beliau-Beliau ini berjuang keras demi kemerdekaan, tapi sayang ada beberapa oknum yg bikin kemerdekaan kita jadi ternoda :(

Ocha said...

Hi Bro... semakin rame aja nih visitornya ;-) sesuai URL blognya, kapan neh mengadakan pesta blogger beneran lagi? hehehe.

My Blog dot com

khomsah said...

Thanks yah atas kunjungannya...

tyas said...

Selamat hari Kemerdekaan Indonesia..

papapam traffic said...

nyempetin mampir, habis dari tasyakuran di kampung bro!

Loedin said...

Merdeka!!!!!

Create, edit, and optimize animated GIFs images for the Web. Download in my blog

Aqie-Gaul said...

Aki jadi bingung membaca Judul artikel dengan isinya. Di judul katanya Penculikan RengasDengklok, tapi isinya koq malah kejadian Pengakuan Kedaulatan RI tahun 1949 ? Padahal Peristiwa di Rengadengklok adalah untuk menyusun Teks Proklamasi yang akan disampaikan pada tanggal 17 Agustus 1945 sedangkan Pengakuan Kedaulatan RI di tanda tangani di Jogjakarta pada tanggal 27 Desember 1949 ? Kumaha ieu teh kang ? Mana anu leres ?? haturnuhun

Mike.... said...

mampir juga bro..met tujuhbelasan yak..

Rezki said...

ok dehhh..judul indo isi english...gimana sih??

I Ketut Riasmaja said...

Eh.. iya.. Judulnya Bahasa Indonesia tapi isinya Bahasa Inggris.. jadi bingung komennya.. Berhubung saya rada cekak Inggrisnya.. pake Indonesia ajah..

Saya setuju dengan Balidreamhome... Alangkah baiknya bila kita sebagai generasi muda mempelajari kembali sejarah bangsa kita.. sejarah yang benar-benar terjadi di negeri ini.. sebagai salah satu motifasi untuk berkarya mengisi kemerdekaan...

MERDEKAAA...!!!

*maaf kang baru sempet ngisi komen sekarang... *

Ani said...

Semoga semangat 45 juga menurun kepada generasi sekarang dalam wujud pembangunan bangsa baik secara fisik, mental maupun rohani.

Rofi said...

Merdeka....... walau sedikit terlambat ucapin nya tp semangat kebangsaan saya tetep utuh untuk berbuat bagi negeri ini... dah 2 hari g ol nih mas..maklum mas ada yg dateng hehehe... hampir setiap postingan ttg kemerdekaan RI ini, di tangapi dengan rasa peimis dan itu wajar memang karna sesuai dgn kenyataan apa yvg kita rasakan. 63 tahun bukan waktu yg singkat, udah setengah abad lebih.tp yg namanya kemerdekaan sejati hanya di nikmati sebagian kecil manusia di negeri ini. kapan kita benar2 merdeka?? mari kita jawab dengan sikap.. Merdeka!!!!!!!!!!!

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...