Ketua KNKT Duga Pembocor Rekaman AdamAir



Share

(Foto: Dok. detikcom)

Download Rekaman Adam Air

Jakarta - Ketua KNKT Tatang Kurniadi menyayangkan ada rekaman yang disebut-sebut sebagai percakapan terakhir pilot-kopilot AdamAir KI-574. Menurutnya, orang yang menyebarluaskan rekaman tersebut di dunia maya memiliki 5 motif.

"Satu, iseng. Dua, dengan niat tertentu yang lebih besar melemahkan KNKT. Ketiga, mendiskreditkan KNKT. Keempat, mendiskreditkan investigator, dan kelima mendiskreditkan ketua KNKT," ujarnya kepada wartawan di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (4/8/2008).

Tatang menyebut perbuatan orang yang membocorkan rekaman itu sebagai tindakan yang konyol. Rekaman yang beredar sekarang penuh dengan hasil modifikasi.

Menghadapi hal itu, Tatang mengatakan akan mengambil langkah sesuai dengan 6 instruksi Menhub Jusman Syafii Djamal.

1. Agar menggunakan peristiwa rekaman tidak resmi tersebut sebagai momentum untuk menata ulang organisasi KNKT agar lebih efisien dan kredibel sesuai standar internasional.

2. Menhub meminta dilaksanakan penelitian ke dalam perihal peraturan, prosedur dan tata cara penyimpanan dokumen dan benda hasil penyelidikan kecelakaan.

3. KNKT diminta melaksanakan proses ulang untuk menata kembali hierarki susunan jalur peredaran dokumen rahasia yang diperlukan bagi penyelidikan kecelakaan.

4. KNKT diminta menemukan sumber rekaman yang beredar jika ada orang dalam KNKT yang terlibat, dia harus dijatuhi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Jika dilakukan di luar institusi KNKT, dia harus diserahkan pada mekanisme hukum yang berlaku, terutama dengan menggunakan payung UU.

5. Membebaskan institusi KNKT dari unsur yang tidak hormat pada rule of engagement yang telah ditetapkan ICAO dalam annex kecelakaan pesawat terbang.

6. Diminta membangun rasa hormat pihak karyawan dan kantor pada kredibilitas KNKT sebagai satu-satunya institusi penyelidikan kecelakaan transportasi.

source : http://www.detiknews.com

3 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Welly said...

KNKT nya kebobolan nih mas..

andige said...

Sebenarnya kalau kita mendengarkan rekaman ydm juga nggak ngerti atau sulit membayangkan apa yang terjadi! Hanya "kengerian" yang luar biasa yang bisa kita tangkap ! mending baca langsung laporan lengkap hasil penyelidikan dari situs resminya KNKT (di web tertulisnya NTSC singkatan dari National Transportation Safety Comittee) kita bisa tahu apa "yang salah" dari kecelakaan itu !

Indah said...

bisa bayangin....suara2 saat ajal datang disaat ta' terduga....pasrah....kok bisa bocor ya...

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...