Guest Blogging dan Community Writing



Share

Kalau di acara-acara musik dan televisi ada yang dinamakan dengan bintang tamu atau guest star, dalam blogosphere juga terdapat istilah yang dikenal dengan guest blogger. Artinya, blogger yang kita undang atau kita ajak untuk menulis artikel di blog kita. Manfaatnya jelas banyak. Selain memperkuat tali persaudaraan antar blogger, juga untuk mengembangkan komunitas blog yang dimiliki oleh kedua belah pihak, baik si pemilik blog maupun si blogger tamu tersebut.

Di luar, kegiatan guest blogging seperti ini bukanlah hal yang baru. Setidaknya blogger-blogger profesional sudah sering melakukannya. Sebaliknya, di ranah blog Indonesia, masih sedikit yang melirik kegiatan ini. Untuk topiknya sendiri biasanya bebas, namun tetap tidak melenceng dari topik utama blog yang bersangkutan.

Bagaimana dengan community writing? Saya tidak tahu apakah sudah ada yang pernah menggunakan istilah ini atau belum, tapi menurut pandangan saya, community writing adalah komplemen dari guest blogging dimana justru komunitas blog kita lah yang menulis artikel untuk kita.

Sedikit perbedaan lagi, untuk yang satu ini, kita lah yang menentukan topik yang harus ditulis oleh komunitas pembaca blog kita tersebut.

Kita coba yuk :)

Untuk guest blogging, ketentuannya sebagai berikut:

  • Buat artikel tentang blog, make money online, content writing, motivasi, community building, atau SEO (sesuai dengan topik blog ini)

  • Diutamakan yang berdasarkan pengalaman pribadi

  • Di bagian akhir, tambahkan resource box yang berisi informasi singkat mengenai diri Anda dan situs Anda (jika ingin bonus backlink :) )

  • Kirimkan artikel Anda (format HTML atau ODT) ke cosa [dot] aranda [at] gmail [dot] com dengan subyek “Artikel Guest Blogging“.

Sedang untuk community writing adalah sebagai berikut:

  • Buat artikel tentang kegiatan Anda dalam 1 hari (24 jam) sebagai pelaku make money online

  • Kirimkan URL artikel Anda ke cosa [dot] aranda [at] gmail [dot] com dengan subyek “Artikel Community Writing

  • Setiap 10 URL yang saya terima akan saya publikasikan di blog ini (linknya saja) agar bisa dibaca oleh teman-teman yang lain. Jadi selain mendapat trafik, Anda juga akan mendapat bonus backlink :)

Berminat? :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 22 July 2008. Artikel ini disponsori oleh LowonganPekerjaan.Net, situs penyedia informasi lowongan kerja terbaru. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi.

4 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Kang Boim said...

boleh juga ni...supaya dapet back link...:D

JoVie said...

keren nih..hehe

Eucalyptus said...

Aduh, saya bingung klo mo isi SB kamu sekarang hrs sign up dulu ya?

Ani said...

Siapa tahu berawal dari menjadi guest blogger, terus lama-lama bis amenjadi full time blogger yang mendapatkan penghasilannya dari menulis blog, seperti kisahnya Ryan Avent.

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...