Aksi Ruby di TV Dipuji Ahli Keamanan Digital



Share
Peragaan pembobolan ATM BCA dengan memakai kartu bodong di TV dinilai ahli sekuriti digital lainnya sebagai sesuatu yang tidak salah. Hal ini justru sebagai bentuk transparansi demi menjaga para nasabah dari risiko ancaman.


"Aksi itu sama sekali tidak salah, justru biar masyarakat ikut aware, dan ada transparansi," ujar M. Salahuddien, Wakil Ketua Indonesia Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) kepada detikINET, Senin (25/1/2010).

Penilaian pria yang disapa Didin Pataka ini sontak menangkis tudingan Roy Suryo yang sebelumnya mengatakan bahwa aksi Ruby Alamsyah, seorang ahli forensik digital di televisi melanggar etika dan memancing masyarakat untuk mengikuti tindak kejahatan tersebut.

"Justru tindakan itu (peragaan dari Ruby-red.) bagus karena selama ini kan bank selalu menutup diri kalau ada masalah dengan layanannya, jadi masyarakat tidak tahu mengenai masalah yang mengancamnya," jelas Didin.

Hal ini, lanjutnya, berbeda dengan kebijakan perbankan di negara maju. Di Jepang misalnya, Dewan Sekuriti Keamanan Nasional di Negeri Sakura tersebut malah menghimbau para lembaga -- termasuk bank -- untuk terbuka ketika diterpa insiden.

"Misalnya ketika ada pembobolan sistem di bank, mereka malah harus membuka masalah itu ke publik karena perbankan di sana sudah online semua," ujar Didin.

Dengan cara tersebut, masih kata Didin, praktis akan membuat nasabah dan bank-bank lain menjadi waspada. "Nah tindakan ini akan menolong industri perbankan," tandasnya.

Pun demikian, Didin berpesan, penayangan demo pembobolan nasabah bank yang belakangan marak di layar kaca harus tetap menjaga etika, jangan disampaikan terlalu detail sampai seperti step by step.

"Boleh saja sebagai ilustrasi yang cukup menunjukkan ke publik bahwa itu bisa dilakukan," pungkasnya. ( ash / wsh )

(source : detiknet)


3 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Cuma Iseng Ngeblog said...

OOO gara2 ini to pantesan tadi kayanya pembawa acara tv agak2 gimana gitu waktu nyiarin tayangan begini.
Kayanya biasa2 aja tu, kan buat pengetahuan supaya orang2 pada ati2 di ATM, asal jangan sampe aja TV terlalu heboh tar malah orang penasaran buat praktek, kalo ada orang yg ga setuju tayangan ini juga sah2 aja si, asal jangan mau numpang beken aja di TV, biasanya kan gitu di Indonesia mah

Gudang Ilmu dan Inspirasi said...

saya setuju tuh...tapi parah nih kelakuan ..mari kita tegakan pribadi yang mulia supaya indonesia jaya dan makmur

blogkoe said...

Setuju neh, gak mungkin banget cuma gara-gara nonton siruby, uda ada yg bisa ikutin jebol atm.. gak semudah yg diperagain kale, kan untuk melakukan itu btuh peralatan yg gak mudah untuk dibeli.. dan gak semua TOKO material jual kan???

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Blogging Tip Blogs - Blog Catalog Blog Directory My Zimbio My Ping in TotalPing.com ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...