Virus Teroris Internet Serang Fasilitas Nuklir Iran



Share
Para ahli telah mengidentifikasi software berbahaya yang dapat menyerang infrastruktur Iran. Tidak hanya itu, serangan ini berdampak mirip bom.

Virus Stuxnet dipercaya menjadi teroris internet yang dapat menyerang suatu negara dengan mempengaruhi infrastrukturnya.

Stuxnet digunakan untuk memprogram ulang perangkat lunak dan memaksa komputer untuk melakukan perintah yang berbeda.

Beberapa pakar keamanan memperkirakan bahwa virus ini cenderung menargetkan sistem Iran yang bernilai tinggi seperti pembangkit listrik bertenaga nuklir.

“Faktanya adalah kami melihat begitu banyak serangan di Iran dibandingkan negara lain. Kami berpikir bahwa ada sesuatu yang sangat bernilai tinggi di Iran sehingga siapapun berusaha untuk merusaknya,” kata ahli dari perusahaan keamanan komputer Symantec Liam O’Mucho.


Virus ini pertama kali muncul pada Juni lalu dan telah dimonitor ahli keamanan sejak saat itu. Stuxnet disebarkan lewat memori USB sehingga bisa tertular meskipun komputer tidak terkoneksi dengan internet.

Virus ini menggunakan kode yang rumit dengan menggabungkan beberapa teknik pembajakan sehingga lebih cepat menyebar dan sulit untuk diberantas.


Tidak hanya itu, Stuxnet juga memanfaatkan kerentanan sistem operasi Windows yang tidak menggunakan sistem perbaruan keamanan terbaru.

Sebelumnya kekhawatiran terus meningkat di banyak negara soal ancaman terorisme cyber. Kepala Federal Bureau of Investigation (FBI) Robert Mueller mengatakan serangan ini nyata dan sangat mengganggu.

“Sebuah serangan cyber dapat memiliki dampak yang sama seperti bom,” ujarnya.

“Ancaman ini begitu nyata dan berkembang pesat. Teroris tampaknya menunjukkan minat yang jelas dalam pembajakan internet.”

1 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Sukadi said...

virus teroris internet semakin menakutkan, menyerang sistem infrastuktur yang bisa mempengaruhi stabilitas keamanan sebuah negara. tapi kenapa harus iran, ini yang perlu saya pikirkan... :)
terimakasih

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...