Pakar Blog Tutorial Injak Rem atau Over Gigi ?



Share
Para pakar Blog Tutorial blogspot, maupun belajar membuat blog menggunakan wordpress serta para pakar seo sepertinya saat ini sedang injak rem atau mungkin over gigi dan sedikit menahan kebiasaannya berbagi.

Saat saya pertama belajar ngeblog di blogspot saya selalu rajin mengunjungi pakar Blog Tutorial Blogspot (Suhu O-om), beliau yang juga lihai menggunakan wordpress serta mendalami trik-trik seo. Beliau sering memberikan tips-tips tutorial belajar ngeblognya dengan tuntas, tapi akhir-akhir ini para pakar ngeblog ataupun pakar seo semakin jarang membagi ilmu-ilmu dan trik ngeblog maupun tips seo terbarunya dengan detail.

Tanya kenapa ? Banyak Pakar Abal-abal Belajar Ngeblog (membuat tutorial belajar ngeblog ataupun belajar seo dari hasil menulis ulang dari buku tutorial yang banyak beredar di pasaran).

Padahal kita tahu, pembajakan pernah menimpa beberapa artikel berseri Cosaaranda yang dibukukan menjadi Buku Adsense Samaran, pengalaman hampir serupa menimpa Suhu O-om Blog Tutorial Blogspot, Agus “o-om” Ramadhani. Dan pasti bukan tak mungkin, artikel-artikel blog tutorial yang lain juga ikut dicopas, wong gampang kan nulis bukunya tinggal kopas dari blog tutorial lalu edit sedikit lalu terbitin deh, dan pinternya orang indonesia, dengan gampangnya membuat tutorial belajar ngeblog dengan menulis ulang dari buku yang dibeli, jadi bingung khan ... lingkaran setan tinggi gede ini namanya. :peace

Parahnya beberapa buku belajar membuat blog di blogspot, tutorial wordpress ataupun belajar seo banyak yang dihasilkan penulis abal-abal didukung juga penerbit abal-abal, so kalau buku belajar ngeblog abal-abal ditulis ulang di blog belajar ngeblog ini namanya apa ya ? blogger belajar ngeblog abal abal :canda? . Saya memang melaksanakan resolusi ngeblog tahun 2009 Open Copy. Tapi bukan berarti bebas copy paste tanpa memberikan link pada sumber artikel. Akhirnya Blog Tutorial pun menangis. :sedih
Para Blogger yang mengasuh Blog Tutorial pun beragam, mulai dari yang benar-benar memahami dan ingin berbagi dengan pengunjung blognya, hingga mereka yang cuma ikut-ikutan membahas tutorial meskipun mereka sendiri masih belum paham. Para blogger yang terakhir ini pun bahkan ada yang NAKAL dengan hanya Meng COPAS tanpa menghargai penulis asli artikel tutorial tersebut. Hasilnya, para Blogger-blogger senior yang sudah berbaik hati mau berbagi hanya bisa mengelus dada melihat tulisan-tulisannya di COPAS mentah-mentah. Alasan para peng copas cukup simpel saja, mereka mengatas namakan keinginan BERBAGI para blogger pengasuh blog TUTORIAL. Walah … berbagi bukan berarti loe bebas meng COPAS tanpa memberi penghargaan sedikit pun. Apa Akibat nya ?????

Akhirnya banyak para pakar tutorial belajar ngeblog yang asli (bukan abal-abal) sedikit over gigi dan ada beberapa yang injak rem dengan cara menulis tutorial blog yang tidak detail / lengkap (kedipin sebelah mata sama Bang Zal yang montok :ampun), atau bahkan sama sekali berhenti membagi tips seo (senyum dikulum sama O-om yang Ganteng:ampun), dan hal-hal baru yang beliau-beliau pahami lebih dulu, karena kurangnya penghargaan dari sesama blogger yang tidak memberikan link anchor ataupun link sumber saat mengutip sebagian atau seluruh artikel milik mereka.

Pelajaran yang diambil : Copet kiri curi kanan dari artikel tetangga atau buku yang dibaca untuk ide postingan boleh2 saja jangan lupa anchor atau link sumber jika mengutip dari blog tetangga / buku yang dibaca, kalau mengutip total dari buku ... buat apa sampeyan punya otak Cak kalo ndak dipakau.

11 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Nias Zalukhu said...

Buegh aku dibilang monthok.. awas ntar para penggemarnya mas Tozie pada marah lho wkwkwk

pencuri kode™ said...

wah bagus nih besok saya suruh aja keponakan saya kesini buat belajar sama pakar baru.. :X asal keponakan saya ga diajarin copet dompet segar :D

bocahiseng said...

wahahah om zal sama om tozie ada maen nihhh wakikaia yohoo..yo hoo

albri said...

yang penting komen dulu, ga nyambunng gpp karena save as dulu, gpp kan mas raihan?

RAKA_NL said...

yupzz.... ;) ;) ;) ;) :p :p ...

indungg said...

Kena dech blogger pemula ini,.. :-t ~x(

CHIKO said...

Iya yahh.. Tapi kalo sy lagi bingung tentang sesuatu dalam dunia blogger, sy ga nyari di Blog abal-abal tapi langsung ke masternya, kalo masalah tutorial, blog O-om yang paling sy percaya dan kalo mau belajar SEO sering juga ke Blog yang ini..Yg mana :-o?? yang ini tempat saya nge KOMEN ;))!! ntar sy :)] kalo ada lagi yang abal2..

Daryo Tabayani Siampa said...

the articles are very interesting. Hopefully the tips are useful for all those who read. Good Luck.

Myu said...

mungkin ada satu petuah dari pak onno w purbo, bahwa biarkan saja copy pate berlangsung, toh akirnya akan kelihatan juga siapa yang sebenarnya berkompeten. Masyarakat yang akan tahu dan menilainya.

terus memang susah klo sudah bermain di dunia teknologi digital, copy paste adalah pekerjaan yang 100% pasti ada. Mungkin saran saya, para penulis tutorial blog, harus menulis dalam bentuk buku cetak, terus tulis deh resensinya di blog sang penulis tutorial. kemudian buat forumnya untuk mendiskusikan tentang buku tersebut.

OOM said...

hehehehe tozie bisa aja nih..sebenarnya bukannya gak mau berbagi tapi ilmunya udah mentok :))

abdal malik said...

Mari berusaha santun dan profesional dengan tetap menghargai para senior

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...