Buku AdSense Samaran



Share

Tahu tidak kalau saya habis nerbitin buku? Tentang Google AdSense tentunya. Judulnya “Google AdSense: Mudah Meraih Dolar di Internet“, terbitan MediaKom (Januari 2008). Ah, pasti tidak ada yang tahu, karena saya memang sengaja menyamar. Misalnya soal tempat tinggal dan status pendidikan. Saya ngaku-ngaku kalau tinggal di Jogja dan kuliah di S2 MIPA Ilmu Komputer UGM. Biar keliatan keren dan tambah laris bukunya. Kan gak mungkin ada yang mau beli buku karangan mahasiswa S1 yang udah 8 tahun gak lulus-lulus.


Biar gak ketahuan situs-situs saya apa aja, saya juga menyamarkan nama dan blog pribadi saya. Namanya rahasia deh, silahkan cari sendiri, tapi blog ’samaran’ saya ada di wordpress.com. URL lengkapnya fajarz.wordpress.com dan gudeg.wordpress.com.


Supaya lebih meyakinkan, saya bikin pula akun Friendster palsu. Gak masalah kan, toh 68% data di Friendster juga kabarnya tidak jelas keabsahannya.


Kembali ke soal buku.


Bukunya berisi topik-topik tentang blog, AdSense, dan SEO. Untuk materi AdSense dan SEO jelas saya copas artikel-artikel saya yang lalu. Di antaranya:


http://www.cosaaranda.com/meng-seo-kan-gambar-di-situs-anda.htm

http://www.cosaaranda.com/panduan-memancing-link.htm

http://www.cosaaranda.com/mengenalkan-situs-anda-pada-search-engine.htm

http://www.cosaaranda.com/apa-itu-google-adsense/

http://www.cosaaranda.com/istilah-istilah-umum-di-dunia-adsense-dan-penjelasannya.htm


Ini saya letakkan pada bab 3, 4, dan 6 dari buku yang bersangkutan.


Isi bab-bab yang lain juga ada yang hasil copas. Salah satunya dari blog milik blogger ternama di Indonesia. Gak perlu dijelasin yang mana saja, silahkan dicari sendiri biar lebih penasaran, hehehe.


Lah kalau isinya copas-an semua berarti namanya buku bajakan dong?


Yah, itu sih terserah persepsi Anda. Yang penting saya sudah mentaati etika dan sopan santun nge-blog. Paling tidak versi saya sendiri, hehehe.


Kalau yang blognya dicopas marah dan menuntut permohonan maaf? Gak masalah, pasang saja di iklan baris. Murah meriah. Gak bakal banyak orang yang tahu pula, jadinya aman, gak bakal malu ketahuan jadi plagiator. Formatnya juga sudah saya siapkan di sini.


Kalau sampai ketahuan isi bukunya hasil copas dan komentar di blog saya? Gak masalah, hapus saja komen mereka. Beres kan?


Kalau sampai mau dibawa ke jalur hukum dan diminta royalti atau bayar ganti rugi? Gak masalah, ngaku aja kalau lagi kesulitan finansial. Biar orang-orang kasihan dan gak nuntut lebih lanjut.


Jadi, silahkan tunggu saja terbitnya buku-buku saya selanjutnya :)


PS: Kalau bingung bacanya, silahkan baca ini dulu.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 6 May 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.



posted by Blogger Bukan Hacker

0 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...