Panduan Ngeblog Menggunakan Microsoft Word 2007



Share

Microsoft Office 2007 Images

Selain tampilan antarmuka yg bikin pusing, Microsoft Word 2007 juga punya fitur baru lainnya, yaitu publikasi posting ke blog. Yup, sekarang dengan salah satu software yg ada di paket Office 2007 terbaru ini, kita bisa langsung membuat, memodifikasi, dan mempublikasi posting ke blog yg kita miliki. Total ada 6 platform blog yg didukung oleh Word 2007, yaitu Windows Live Space, Blogger, SharePoint Blog, Community Server, TypePad, dan tentu saja, Wordpress. Untuk pengguna platform blog lainnya pun tidak perlu berkecil hati karena Word 2007 juga memperbolehkan kita menambahkan sendiri platform2 blog lainnya.

Berikut ini panduan singkat untuk ngeblog menggunakan Microsoft Word 2007.

  1. Jalan Microsoft Word 2007.

  2. Tekan logo Office 2007 yg ada kiri atas untuk memunculkan Menu bar. Pilih File - New.

  3. Pada kolom Templates di sebelah kiri, pastikan Blank and Recent terpilih. Pilih New Blog Post dan tekan tombol Create.

    Step 1 Images

  4. Akan muncul kotak dialog Register A Blog Account. Tekan tombol Register Now untuk mensetting koneksi dari Word 2007 ke blog Anda. Anda juga bisa menekan tombol Register Later jika ingin mensettingnya nanti setelah Anda selesai membuat artikel.

    Step 2 Images


    Di komputer saya, Word 2007 akan crash apabila kita melakukan setting koneksi pada saat komputer tidak tersambung ke internet. Jadi, untuk menghindari hal yg sama, pastikan komputer Anda sudah terhubung ke internet pada saat pengaturan koneksi.


  5. Jika Anda memilih untuk melakukan setting koneksi, di kotak dialog berikutnya Anda harus memilih satu di antara 6 platform blog yg tersedia (seperti disebutkan sebelumnya). Anda juga bisa memasukkan platform blog lainnya (yg tidak didukung oleh Word 2007) dengan menekan link yg ada. Pada contoh yg ada di bawah, saya memilih platform Wordpress.

    Step 3 Images


    Tekan tombol Next untuk melanjutkan. Selanjutnya, masukkan alamat blog Anda pada kolom Blog Post URL dan data login Anda di kolom User Name dan Password. Tekan tombol OK jika sudah.


    Step 4 Images

  6. Selesai. Anda tinggal membuat artikel seperti biasa Anda membuat dokumen di Word. Bedanya, nanti pada saat Anda menyimpan, artikel yg Anda tulis otomatis akan dipublikasikan di blog Anda.

Selamat mencoba :)

Update:

Jujur, waktu saya menulis artikel di atas, saya belum mencobanya sendiri :) Nah setelah mencoba, terus terang kesimpulan saya masih sama dengan saat menjajal blogware2 lain yg sejenis, seperti WBloggar, yaitu ketidaknyamanan dalam melakukan modifikasi atau editing pada post yg bersangkutan secara online. Ini dikarenakan Word 2007, maupun program2 lainnya, menyimpan posting tersebut dalam format HTML yg seringkali acak2an. Sehingga untuk mengedit posting tsb pada platform Wordpress yg saya gunakan sudah tidak nyaman.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 24 February 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi. Dan apabila Anda tertarik untuk memiliki theme-theme Wordpress yang menawan, silahkan cek produk terbaru saya, Art of Stealing Wordpress Themes, rilis 1 Juli 2008 mendatang!

1 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


akbar_skywalker said...

thanks :)

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...