Panduan Memancing (Link)



Share

Fishing Images


Dalam dunia SEO, ada satu istilah yg disebut link bait ato umpan link. Secara sederhana, link bait adalah segala sesuatu yg merupakan bagian dari suatu situs, baik content, fitur, maupun layout; yg dapat menarik minat orang lain untuk memberikan link dari situs mereka ke situs tersebut. Jika dianalogikan dengan kegiatan memancing, maka (a) pemilik situs adalah yg memancing, (b) bagian dari situs adalah umpan pancing, dan terakhir, (c) link yg diberikan oleh pemilik situs lain adalah ikannya.



Tujuan Memancing


Mendapatkan ikan sebanyak2nya tentunya.


Seperti sudah diketahui, dan sedikit disinggung pada pembahasan SEO beberapa waktu lalu, kuantitas dan kualitas backlink sangat besar pengaruhnya terhadap posisi situs kita di mesin pencari. Terutama one-way link atau link satu arah. Dan inilah yg diharapkan dari penggunaan tehnik linkbait.


Berbeda dengan konsep link exchange yg “I link u, u link me“, linkbait secara halus “menghipnotis” pemilik situs lain untuk memberikan link mereka ke situs kita (atau halaman tertentu dari situs kita) secara cuma2 tanpa mengharapkan tautan balik dari kita. Dengan demikian, backlink yg diperoleh oleh situs kita adalah backlink satu arah yg kualitasnya lebih bagus dibandingkan backlink dua arah yg dihasilkan oleh pertukaran link.


Memilih dan Menyiapkan Umpan


Beberapa referensi yg saya baca (ini, ini, dan ini) mengkategorikan umpan link dalam bagian2 yg hampir sama, dimana masing2 bagian tersebut dinamakan hook atau kait (itu tuh, yg ada di ujung kail pancing, tempat kita masang umpan).


  • News Hook

    Umpan yg paling gampang ditangkap oleh ikan tentunya adalah content berita yg fresh dan up-to-date. Jadilah yg pertama yg membahas suatu berita baru dan lengkapi dengan berbagai berita atau informasi lain yg terkait, dijamin akan banyak ikan yg datang.


    Gak sempat jadi yg pertama? Jangan khawatir, Astrid pun gak masalah kalo dia jadi yg kedua, hehehe. Jelajahi alam internet dan cari tahu situs2 mana saja yg membahas berita tersebut. Selanjutnya, buatlah posting yg berisikan link ke situs2 tersebut dengan sedikit tambahan kata pengantar, atau jika Anda punya banyak waktu, rangkumlah sambil tetap membagikan link ke mereka. Ingat, jangan takut untuk memberikan outbound link.

  • Information / Resource Hook

    Untuk jenis ini, ada banyak alternatif content yg bisa Anda ciptakan. Misalnya, panduan untuk membuat/melakukan hal tertentu, panduan untuk menggunakan suatu software atau alat tertentu, review dari suatu software atau alat tertentu, daftar dari berbagai hal, dan lain sebagainya. Tinggal sesuaikan saja dengan niche atau topik situs yg Anda buat.


  • Fun / Humor Hook

    Jika News Hook dan Information Hook adalah dua jenis kait yg paling menggoda ikan, Fun atau Humor Hook adalah jenis kait yg paling mudah untuk dibuat. Anda tinggal memanfaatkan berbagai layanan sharing media yg bertebaran di internet (YouTube, Flickr, dll) dan kumpulkan media2 yg lucu dan aneh yg Anda temukan dalam sebuah halaman posting.


    Jika Anda berbintang Aquarius (baca: punya daya kreativitas tinggi, hehehe), Anda bisa juga membuat daftar top 10 seperti yg sering Anda temui di internet. Misal, “Top 10 Reason I Don’t Want To Marry Paris Hilton”, “Five Things You Can Do With Your iPod”, dan sebagainya.

  • Contrary Hook

    Jenis ini cocok buat orang yg hobinya curigaan ato gak gampang percaya, hihihi. Bagaimana tidak, untuk memanfaatkan kait jenis ini, yg Anda lakukan hanyalah bersikap sinis atau skeptis terhadap suatu hal yg disukai atau bahkan dipuja2 oleh orang lain. Misal, buatlah tulisan kenapa Anda tidak suka dengan Wordpress. Dijamin, tulisan Anda akan ramai dihujat dibahas oleh pecinta WP.


    Anda juga bisa membuat tulisan yg tidak menyetujui pendapat seseorang. Jika orang yg pendapatnya tidak Anda setujui tersebut orang yg seleb, dijamin deh, ikan bakal berkumpul di situs Anda.


  • Attack Hook

    Yang terakhir adalah Attack Hook. Bisa dikatakan, ini adalah versi kasar dari Contrary Hook di atas. Gambarannya, jika kait sebelumnya Anda menuliskannya secara halus dan masih dalam taraf sedikit netral, pada kait kali ini Anda benar2 menuliskannya secara penuh kebencian dan kemurkaan. Mungkin agak terlalu berlebihan, tapi intinya seperti itu.



Anda punya kait yg lain? Ato jurus2 memancing yg lebih lihai? Sharing yah :)


PS:

(1) Gambar diambil dari http://www.fforestfields.co.uk/Photographs/Activities/fishing-2.jpg



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 9 April 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi. Dan apabila Anda tertarik untuk memiliki theme-theme Wordpress yang menawan, silahkan cek produk terbaru saya, Art of Stealing Wordpress Themes, rilis 1 Juli 2008 mendatang!

8 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Ani said...

Thanks ilmunya om !

Kang Boim said...

ya nig teknik pancing memancing memang dirasa oaling efektif untuk saat ini...thanks udh sharing ilmunya

ipanks said...

memancing sesuatu yang berharga.makasih ya om

me said...

maksih infonya...langsung praktek nih walau lagi sedih

Dek Suarta said...

kalo saya mah taunya cuma mancing ikan pake umpan cacing tanah. hehehe...
tmen2 ada yang tau ga Program yang support untuk bisa di upload ke Youtube.com? saya pernah upload file dari powerpoint slide show presentasi tapi tidak mau tampil. yah terpaksa filenya saya simpan dalam bentuk file biasa bukan file Video di http://yuk-belajar.blogspot.com
kalo tmen2 ada yang tahu, mohon bantuannya yaa
bisa email ke deksuarta@gmail.com
thanks

chiko said...

bermanfaat bgt buat newbie nih.. infonya sep dah.. tq om

Adam Suwardi said...

wala..lucu juga tapi ok dech...~x(

equalist said...

Wah ni lagi mas... Ngeblog sambil nyalurin hobi mancing. Terakhir ada teknologi mata pancing yang cabang tiga tu mas, bahkan lebih.
Kayanya keren juga kalo penerapan teorinya bang Cosa lebih diperdalam, Misalnya integrasi antara News hook, information hook dan humor hook pada satu waktu dan satu kesempatan...gimana tuh mas.

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...