Belajar Menjadi Hacker



Share

Bagaimana cara menjadi hacker ? Demikian pertanyaan yang kerap diajukan kepada saya. Pertanyaan ini memang singkat, tapi jawabannya bisa sangat panjang. Berikut ini jawaban singkat saya. Pertama-tama, untuk menjadi pakar di sebuah bidang dibutuhkan waktu. Tidak bisa belajar menjadi hacker dalam satu atau dua minggu saja.


Kalau menjadi script kiddies (yang hanya bisa menjalankan program) sih bisa saja. Tapi, biasanya ini menjadi bahan tertawaan. Sama halnya untuk menjadi seorang pemain sepak bola yang jagoan, atau menjadi musisi yang andal, dibutuhkan waktu untuk berlatih tahunan. Seperti halnya seorang ibu yang hamil, dibutuhkan waktu sekitar 9 bulan sebelum anaknya lahir.


Bayi tidak bisa dipaksakan untuk lahir dalam waktu 1 bulan tanpa menimbulkan masalah. Untuk itu, dibutuhkan kesabaran untuk belajar, banyak membaca, berlatih, dan praktik. Jangan terburu-buru. Sabar.


Yang kedua, perlu diperhatikan masalah integritas. Belajar menjadi hacker bukanlah menjadi orang yang senang merugikan dan merusak milik orang lain. Yang itu namanya cracker. Rugi dan percuma untuk menjadi cracker. Jika kita nakal dan merusak, maka orang lain tidak akan memberikan kesempatan kepada kita untuk belajar, apalagi untuk bekerja. (Apakah Anda akan mempercayai maling untuk belajar di rumah Anda? Apalagi untuk bekerja?) Jadilah orang yang jujur dan memiliki etos kerja yang tinggi. Khususnya di bidang keamanan (security), integritas ini biasanya lebih diutamakan ketimbang kemampuan (skill).


DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. belajar menjadi hacker-hacker.zip (budi)

Sumber: InfoLinux


1 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Anonymous said...

thaNkkYu sOb....

gWe jdi iSa nGerjain ePhezNa cOw Yg nGrJain fsnA ceW gWe,.,.,.

:))

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...