Cara Menemukan Ide untuk Tema Situs Adsense



Share
Kadang saya bermimpi punya hasil belasan ribu dolar seperti bos cosa million dolarman ini, atau bingung mikirin satu Anak Ajaib bocahsma yang otaknya komplikasi (puinter buangeet) dan menurut prediksi saya punya penghasilan lebih dari seribu dolar perbulannya (maaf kalo prediksi penghasilannya salah ... :ketawa kayaknya lebih dari itu ya ... he he he ... dari kapan ya belajar nge-net sampe loe tinggalin liburan situsnya masih dikunjungi ribuan visitor perharinya ...biaya kuliah pasti sudah aman khan ... :peace)

Apa masalah yang dihadapi ketika pertama kali memutuskan untuk menekuni Google Adsense? Diluar masalah teknis seperti bagaimana cara membuat web, pertanyaan utama dan klasik adalah “Saya mau membuat situs tentang apa ?” Kelihatannya sepele, tapi banyak orang yang tidak segera memulai karena tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana ini. Memang jawabannya susah-susah gampang. Artikel di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk menemukan tema apa yang akan digunakan di situs adsense anda.

Dalam artikel sebelumnya (Mendulang Dollar dengan Google Adsense) sudah dijelaskan bahwa untuk memulai bisnis adsense kita harus mempunyai sebuah situs. Ya, situs ibarat toko dan adsense ibarat isinya. Terus, apa masalah yang mungkin dihadapi ketika pertama kali memulai bisnis adsense? Mungkin ada yang bilang, tidak mengerti bagaimana cara membuat situs, OK, ada benarnya, tapi sekarang bisa dipecahkan dengan membuat blog, seperti di blogger (blogger.com) yang navigasinya sudah sangat-sangat user friendly bagi pemula sekalipun. Pertanyaan yang muncul, mungkin lebih ke “Saya mau membuat blog tentang apa?” atau “Apa tema (niche) blog yang akan saya buat?” Tul gak? Ok, mari kita bahas lebih detail.

Secara umum ada dua cara untuk menemukan ide tentang topic situs atau blog (niche website) yang akan dibuat, pertama dari keahlian yang dimiliki atau hobi yang dipunyai. Seandainya anda seorang montir, buatlah situs tentang tips-tips merawat kendaraan misalnya, atau seorang broker property, bisa membuat situs tentang bagaimana cara membeli rumah sesuai dengan keinginan dan harga yang miring. Bisa juga dari hobi, misalnya anda mempunyai hobi merawat tanaman adenium atau ikan koi, F1, film hulk, cheat games ayodance, sepakbola atau ngegosipin artis cut memey, kristina istrinya Al Amin atau anggota dewan Bulyan Royan yang direcall atau malah bahas masalah eceng :hati he he he .... masih sempet curi 'kata kunci' nigh :jengot

Keunggulan membuat membuat situs tentang keahlian atau hobi kita adalah kita mempunyai sumber dan energi yang tidak terbatas untuk terus mengembangkan dan mengupdate situs kita. Ingat, secara umum situs adsense merupakan situs yang menjual informasi, semakin berguna, spesifik, dan unik informasi yang kita berikan. maka situs kita akan mendapat banyak pengunjung dan tentu saja akan meningkatkan peluang mereka untuk mengklik iklan-iklan yang ada di situs kita.

Cara yang kedua, mirip dengan cara pedagang general supplier atau kadang terkenal denga istilah “Elo cari apa aja gue ada”. Ya, kita membuat tema situs sesuai dengan demand atau tuntutan pasar atau dengan topic yang banyak dicari orang di internet, atau topic apa yang lagi panas “hot” di saat itu, seperti pedagang buah, lagi musim durian, jualan durian, musim duku jual duku dsb. hukum dagang menyebutkan, jika anda mau membuat suatu produk, buatlah produk yang paling banyak dicari tapi sedikit penyuplainya. Kita bisa mencuri gaya jurus SEO dewa mabuknya Cakwid dan blogger kere

Kalo kata saya para lelaki brengsek abad 21 ... :peace 'Gw bisa seperti apa yang loe mau ! :ampun

Hukum ekonomi supply dan demand berlaku juga untuk bisnis google, semakin tinggi permintaan (demand) dan semakin sedikit pemasok (supply), maka semakin bagus. Topik yang paling bagus untuk dijadikan situs niche adalah topic yang yang paling banyak dicari para pengguna intenet, tetapi hanya sedikit situs yang memuat infomasi tersebut. Dalam dunia adsense, topic yang dimaksud diwakili oleh kata kunci (keyword) dan dan supply diwakili oleh hasil pencarian.

Bagaimana cara mengetahui keyword (demand) yang paling banyak dicari? Untuk pemula, anda bisa menggunakan di http://www.inventory.overture.com/, sebenarnya ada beberapa situs yang menawarkan software berbayar untuk pencarian keyword (seperti wordtracker.com atau toppayingkeywords.com, coba search di google dengan kata kunci “high paying keywords”), namun untuk pemula, yang gratisan saja sudah cukup. Yup, sekarang dimulai, studi kasus lagi, kembali ke situs contoh http://www.welding-engineering.com/ , awalnya dibentuk dengan riset kata kunci welding, kenapa topiknya welding (pengelasan)?, karena saya punya kompetensi dibidang itu, masukkan kata ke overture dan akan keluar hasil pencarian pada bulan sebelumnya.

Catatan: Tools di overture ini merupakan gambaran banyaknya pencarian di yahoo.com, untuk estimasi pencarian di google, hasil di overture dikalikan tiga.

Terlihat dari overture bahwa pada bulan Februari 2007, kata welding dicari sebanyak 64023 Kali, dan terdapat juga kata-kata yang mempunyai frasa dengan music. Berarti demandnya cukup tinggi ya, nah sekarang kita ingin tahu kondisi supply dengan menggunakan google.com. Woow… ternyata hasi pencarian untuk keyword welding di google mencapai 33,6 juta kata, sudah terlalu banyak suplainya (terlalu banyak saingan ya).

Catatan: Tidak ada jumlah yang pasti berapa perbandingan antara yang dicari dengan hasil pencarain yang layak untuk dijadikan sebuah situs niche. Namun para pengguna adsense biasanya memakai patokan > 3000 yang dicari (overture). Jadi terus bagaimana dong? Berarti membuat website tentang welding gak feasible dong? Jangan putus asa dulu, hasil pencarian di overture tidak hanya kata dalam bentuk tunggal kan, ada kata welding dalam bentuk frasa, seperti arc welding, tig welding, laser welding, mig welding dan handbook welding, hasil riset detail lihat di table:

Kata Kunci

Overture

Hasil di Google

Penilaian

Welding

64.023

33.600.000

Tidak Layak

laser welding

8.995

1.750.000

OK

tig welding

4.452

1.230.000

OK

mig welding

3.702

1.260.000

OK

Arc welding

3.457

1.510.000

OK

Nah ternyata jika kita membidik kata kunci dalam bentuk frasa sudah feasible. Di website http://www.welding-engineering.com/ , topic saya lebih fokus ke empat frase welding diatas.

Ulangi proses ini untuk berbagai kata kunci, hingga anda menemuan kata kunci yang cocok. Anda bisa menemukan ribuan kemungkinan kata kunci sesuai minat anda, dalam adsense, satu kata kunci bisa untuk satu niche/topic, masih ingat berapa jumlah kata dalam suatu kamus? Jutaan kan, berarti resources kita tidak terbatas, tinggal memilih mana yang cocok.

Selain dua faktor, diatas, sebenarnya ada satu lagi faktor yang harus dipertimbangkan, yaitu nilai dari kata kunci yang anda bidik. Berapa sih bayaran yang akan diperoleh jika orang mengklik iklan dengan keyword ini? anda bisa buka http://www.symbiotic.com/ , situs yang memuat database tentang nilai Pay Per Click (PPC) suatu keywod dan jumlah pencarian per hari, meskipun keyword di database situs ini cukup banyak tapi tidak mewakili semuanya. Artinya jika anda tidak menemukan kata kunci di symbiotic, bukan berarti keyword tersebut tidak layak.

OK, dari penjelasan di atas, anda sudah siap untuk membuat sebuah situs niche, cara pertama buat situs niche sesuai keahlian atau hobi yang dimiliki atau kedua, buat situs berdasarkan hasil riset supply dan demand, dengan tiga factor kunci dalam menentukan niche (tema) sebuah situs, banyak pencarian kata (http://www.inventory.overture.com/), hasil pencarian (google.com), dan perkiraan nilai PPC keyword ( symbiotic.com). Selamat mencoba dan semoga sukses.

[Reviewer dan Editor: Romi Satria Wahono]

DOWNLOAD SOFTWARE PENDUKUNG:
  1. Acrobat PDF Reader

3 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Yoseline Adams said...

bos, klo ga punya keahlian, brarti jgn ngeblog dong :p

madong said...

wah,.. ternyata banyak banget yg perlu diketahui,.

klo saya pribadi sich ngeblog itu for fun aja. blum kepikiran beradsen2 ria. lagian blum tahu nich cara munculin adsense di blog indonesia,..

ajarin duoonnkk,..

Ikhsan said...

Wah mantap sekali arikelnya.
Cuma saya heran adsensenya kok bisa muncul di halaman bahasa indonesia ya. Sedangkan punya saya dak bisa... Tolong bagi ilmunya boss.........

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...