Bocoran Soal UMPTN berdasarkan tingkat kesulitan



Share

Seluruh Orang Tua siswa menjelang akhir tahun pelajaran begini lagi puyeng mikirin biaya sekolah anak-anaknya, ada yang masuk TK, SD, SMP, SMA dan juga Kuliah.

Penerimaan Siswa Atau Mahasiswa memang banyak, yang sedikit yang duitnya .. soalnya semua tahu biayanya selangit. Sekolah Negeri dan Swasta hampir tidak ada bedanya, siang ini daripada puyeng mikirin biaya Penerimaan Siswa atau Penerimaan Mahasiswa Baru mendingan bahas bocoran Soal-soal UMPTN.
Soal-soal
dalam umptn pada umumnya bisa digolongkan menjadi 3 kelompok berdasarkan kesulitannya. Ada yang gampang, sedang dan susah. Ini penting banget nih, untuk diketahui supaya kita dapat mengatur strategi dalam menjawab soal, inget-inget waktu kita untuk ngerjain soal pas umptn cuma sedikit.

Oh ya, Kami juga berikan link-link ke e-umptn.com yang isinya soal dari masing-masing tipe. Kamu, klik aja nanti langsung ke halaman soal dan pembahasannya.

Sorry ya..contohnya kebetulan semuanya soal fisika.

  1. Soal yang mudah: Dalam sekali baca kita langsung dapat mengetahui jawabannya, umumnya jenis soal ini merupakan soal pengertian dasar dan dapat mencapai sekitar 20% dari seluruh soal.

    Contoh Soal:

    http://www.e-umptn.com/Soal-Pembahasan/IPA/9639Fis.htm


    Penguraian cahaya putih terjadi bila berkas ....
    1. datang tidak tegak lurus ke permukaan kaca krona
    2. dibiaskan di permukaan pertama prisma yang terbuat dari kaca krona
    3. dibiaskan pada permukaan lensa
    4. cahaya matahari membentuk pelangi karena pembiasan oleh butir-butir air di udara

  2. Sedang: Dalam memecahkan soal ini, kita harus hafal rumus-rumus dasar, mungkin tidak membutuhkan rumus lanjutannya. Banyaknya soal ini dapat mencapai 35% dari seluruh soal

    Contoh Soal:

    http://www.e-umptn.com/Soal-Pembahasan/IPA/9628Fis.htm


    Perhatikan vektor-vektor yang besar dan arahnya terlukis pada kertas berpetak seperti gambar di bawah. Jika panjang satu petak adalah satu newton (N), maka besar resultan kedua vektor adalah ........

    (A). 8 N (B). 9 N (C). 10 N (D). 11 N (E). 12 N

  3. Susah: Ini dia nih....
    Membutuhkan beberapa tahap (2 sampai 3 tahap) untuk mendapat jawaban akhir, umumnya membutuhkan kombinasi beberapa rumus dasar. Prosentasenya dapat mencapai 35%.

    Contoh soal:

    http://www.e-umptn.com/Soal-Pembahasan/IPA/9626Fis.htm

    Untuk meregangkan pegas sebesar 4 cm diperlukan usaha sebesar 0,16 J. Untuk meregangkan pegas itu sebesar 2 cm diperlukan gaya (dalam newton) ....

    (A). 0, 8 (B). 1,6 (C). 2,4 (D). 3,2 (E). 4,0

  4. Susah Buanget: Selain beberapa rumus dasar, rumus turunannya juga perlu digunakan untuk menyelesaikan soal ini, dan dapat membutuhkan lebih dari 3 tahap perhitungan dan sering menggunakan angka-angka yang sulit, seperti akar, pangkat dsb. Jenis soal ini sekitar 10% Walau relatif sedikit namun dapat menguras waktu kita lebih. Gila banget deh.

    Contoh soal:

    http://www.e-umptn.com/Soal-Pembahasan/IPA/9636Fis.htm

    Dua buah elektron dengan e = 1,6 x 10-19C dan m= 9,1 x 10-31kg dilepaskan dari keadaan diam pada saat berjarak antara 2 x 10-14m. Kecepatan elektron itu ketika keduanya berjarak antara 5 x 10-14 m adalah (dalam 108 m/s)

    (A). 0,02 (B). 0,2 (C). 0,3 (D). 0,50 (E). 0,87

Sekarang kan, Kamu jadi tau.
gampang : sedeng : susah : susah banget = 20 : 35 : 35 : 10.

Kalo Kamu masuk ITB (Institut Teknologi Bandung) atau UI (Universitas Indonesia) atau yang lain2x minimal musti dapet 70% lah... detailnya tunggu tips berikutnya. Semoga Kamu diterima di universitas yang dituju.

1 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


dodi said...

Software Try Out UMPTN/SPMB IPA-IPS-IPC + Hasil kelulusan Try Out berdasarkan Passing Grade PTN Seluruh Indonesia.

silahkan coba http://www.pocesoft.com . pilih aja menu demo software, kita bakal nyoba try out UMPTN/SPMB dari taon 1998 sampe taon 2007 gratisss aksesnya cepet juga tuh. Selain itu kita dapet liat daftar PTN, PTK (Kedinasan), PTAIN plus jurusan yang diselenggarakan disetiap PT. Penjelasan tentang Program Studi plus prospek lulusannya juga ada disini. keliatannya lengkap juga tuh isinya.

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...