Kolaborasi tiga warna Cover 3C



Share
Konsep dari isi buku tsb, sbb :

BLOGGER SASTRAWIGUNA / BUNDA OKKY from Garut :
- 'Janda Herang' mewakili gaya kepenulisan Sastra Roman

BLOGGER SAROJINI / BU DOSEN from JAKARTA :
- 'Ibu-ibu Segar' mewakili gaya kepenulisan Intelektual dan Ilmiah

BLOGGER MHIMI / SI KATROK from MAKASAR :
- 'ParawanTingting' mewakili gaya katrok, gaul, konyol dan sejenisnya

PROSES DASAR KREATIF PENCIPTAAN LAYOUT BUKU CERPEN 3C, yang saat ini sedang dipilih oleh blogger sekalian ... di official site Three Colours ( sekalian bantuin promo deh ). Klik :
Three Colours

ADA HADIAHNYA LOH ........ IKUTAN YA,
PILIHNYA DI SONO BUKAN DISINI .......



Ini hanya untuk memberi 'gambaran' bahwa penciptaan sebuah
cover buku walaupun sederhana, namun tetap dilandasi dengan konsep yang jelas dan tidak sekedar memberi gambar dan tulisan sesuai selera, namun tetap unsur TARGET DAN ART selalu dipegang untuk menghasilkan visual yang indah dan menarik serta tepat sasaran.

Karena salah satu daya tarik utama sebuah buku adalah covernya, apalagi untuk para pemula.

SILAHKAN SIMAK DEH ...

COVER 1



Konsep Dasar :

Disini yang hendak disampaikan adalah 'warna karakter' yang
disimbulkan dengan visual spidol bertuliskan nama-nama penulis 3C.
Dengan latar belakang langit dengan simbul pita melayang berbentuk angka 3 mengudara yang artinya nama 3C tersebut siap diperkenalkan pada para pembaca dimanapun berada, sekaligus sebagai icons 3C.

Target Visual :

Dengan visual beda dengan cover buku novel kebanyakan dan memberi kesan seperti buku desain dimaksudkan agar 'keunikan' ini lebih mengecoh konsumen untuk 'penasaran' dan menimbulkan hasrat dan pertanyaan 'buku apa sih kog aneh covernya, padahal cerpen ?'.

COVER 2



Konsep Dasar :

Disini kesan 'elegance' lebih ditonjolkan, walau penulis baru dan awal bukan berarti tidak berani tampil berani. Justru dengan adanya wajah penulisnya, konsumen / calon pembaca akan lebih mengenal langsung wajah penulisnya.
Unsur teks yang sekaligus judul buku 3 colours disini tampil lebih 'nyala' dan mencolok dengan background hitam akan lebih menguatkan.
Sedang foto tiga penulis ditampilkan agak samar memberi kesan lembut.

Target Visual :

Dominasi background hitam sudah menampakkan kekuatan jika dipadu dengan teks yang menonjolkan warna menyala dan visual yang seimbang.
Mata dibawa untuk melihat tampilan agak 'eksklusif' sehingga menimbulkan berbagai pertanyaan 'Siapakah mereka?' penulis barukah atau lama? nekad bener bernasis ria, dsb.


COVER 3




Konsep Dasar :

Disini divisualkan dengan ilustrasi line art tiga wanita kartun
dimaksudkan untuk meraih konsumen remaja yang biasanya suka baca cerpen.
Mungkin ini akan lebih banyak menggaet pembaca teen lit yang di negara kita merupakan pembaca terbesar tanpa mengecilkan usia dewasa.
Maka visualisasi lebih condong ke pop art yang disukai remaja dengan segala pernak-perniknya.

Target Visual :

Dengan Visual Pop Art dengan background hitam menambah kuat karakter ilustrasinya.Diharapkan dengan mata melihat cover tersebut khususnya remaja akan lebih respon untuk mengetahui lebih jauh.
Sehingga menimbulkan pertanyaan 'Ini buku apa sih?' kog unik !'

COVER 4



Konsep Dasar :

Cover ke empat ini merupakan 'terobosan baru' dengan visual yang bergaya poster film mungkin, yang gamblang dan jelas apa adanya.
Disini jelas menampakkan 'sosok penulis' lebih berani walaupun pemula, tidak ada keraguan sedikitpun layaknya penulis lama. Ini penting sebagai bentuk tampilan perkenalan bagi pembaca yang baru mengenalnya.

Target Visual :

Dengan visual sangat jelas wajah-wajah penulisnya, konsumen baru akan melihat dan berpikir 'Blogger menulis?' siapakah mereka ya...syukur-syukur ada yang tertarik pada penulisnya, bisa borong bukunya semua ... hehehe ...

COVER 5




Konsep Dasar :

Cover dilahirkan atas dasar ingin menampilkan yang fun, tentu lebih mengena apabila divisualkan lewat karikatur. Namun disini ada 2 hal yang ingin dicapai disamping gaya yang lucu sekaligus wajah penulisnya. Dan ini lebih
mewakili salah satu penulis dalam hal ini mhimi yang tulisannya di buku tersebut kocak dan katrok yang sudah menjadi trademark nya.

Target Visual :

Tak dapat dipungkiri hal yang lucu selalu menarik pandangan seseorang, apalagi jika hal tersebut di visualkan dengan warna yang 'sejuk' dan bercorak pop art retro akan menarik mata untuk memandang sekaligus ingin tahu lebih lanjut.

ITULAH 'PROSES KREATIF' MENUJU PILIHAN TERBAIK,
FAKTOR SELERA ... juga mempengaruhi pada AKHIRNYA !


THX .... FOR ALL BLOGGERS AND TEAM 3C ...... !!!


KALIANLAH SPIRITKU UNTUK SELALU BERKARYA TANPA HENTI !

1 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Ani said...

Sudah ikut milih ya di blognya mbak three colours.... moga sukses ntar bukunya!

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...