Gak Semua Bagian Iklan Yang Diklik Itu Menghasilkan



Share

href="http://www.cosaaranda.com/gak-semua-bagian-iklan-yang-diklik-itu-menghasilkan.htm">Gak Semua Bagian Iklan Yang Diklik Itu Menghasilkan


Menulis berita ini membuat saya teringat akan anak kecil. Biasanya, jika kita mau membujuk mereka, kita akan memberi mereka permen atau hadiah terlebih dahulu agar berikutnya mereka mau menuruti dan mengikuti apa yang kita minta. Sama saja dengan kasus ini. Bedanya, di sini kita sebagai publisher AdSense berada di pihak balita. Iming-iming Gaji bulanan AdSense via Western Union ternyata hanya hadiah pembuka agar (mungkin) kita tidak emosi dalam menerima kebijakan terbaru Google AdSense mengenai area klik iklan AdSense yang dianggap valid.


Loh bukannya asal ada yang klik iklan kita sudah langsung mendapat komisi? Itu dulu.


Kan udah ada pepatahnya tuh, lain dulu lain sekarang.


Nah yang sekarang, hanya klik pada judul dan URL iklan saja yang dihitung alias mendapatkan komisi, sedangkan klik pada bagian deskripsi iklan akan diabaikan. Sepertinya aturan baru ini lah yang menyebabkan CTR situs-situs saya secara keseluruhan menurun drastis dalam tiga hari terakhir. Begitu juga earningnya.


Agar lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.


Before Images


Area ungu adalah area iklan yang apabila diklik akan menghasilkan komisi bagi publisher. Dapat kita lihat bahwa sebelumnya hampir semua area iklan clickable sekaligus profitable. Bagaimana dengan yang sekarang?


After Images


Menyedihkan bukan?


Google sendiri beralasan bahwa keputusan ini diambil untuk mengurangi potensi terjadinya accidental click dan meningkatkan perfomance konversi iklan bagi advertiser.


We’re rolling out a change to our text ad formats to help reduce accidental clicks and increase value for advertisers…..This new format will match the changes we’ve implemented on Google.com to help decrease the number of accidental clicks and increase the number of ad conversions. A reduction in accidental clicks will keep users on your pages, interacting with your content until they choose to click on an ad. This change will enhance the user’s overall experience with your websites and improve advertiser campaign value, but it’s likely that your click-through rate will decrease.”



Yang bikin gemes adalah Google sedikit bermain curang di sini. Bagaimana tidak? Meskipun sudah tidak berbayar lagi, namun bagian deskripsi iklan tetap dapat diklik dan pengunjung tetap akan dibawa ke situs yang sesuai dengan iklan yang diklik tersebut. Di sinilah penyebab terjadinya penurunan CTR, jika mungkin ada yang mengalami selain saya.


Yah, daripada stress, mending nerusin nonton Prison Break aja deh. Bagus juga ternyata, hehehe.


UPDATE: Setelah dicek ulang, berdasarkan masukan dari mas Joko, ternyata sekarang bagian deskripsi iklan AdSense sudah tidak bisa lagi diklik. Apa mungkin tim GA baca tulisan ini dan kemudian modif script AdSense mereka? nggaya



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 15 November 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

0 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...