Gempa Haiti Earthquake Video Foto



Share
Gempa Haiti (Haiti Earthquake), Lebih dari 100 ribu orang dikhawatirkan tewas dalam bencana gempa bumi dahsyat di Haiti. Suasana di negeri itu benar-benar mengerikan. Ibukota Haiti, Port-au-Prince porak-poranda. Video Gempa dan Foto Ekslusif detik-detik menjelang gempa bumi dahsyat di Haiti sudah bisa didapatkan linknya di youtube.

Akibat Gempa Bumi di Haiti salah satu Hotel, Hotel Montana di Port Au Prince tidak luput dari gempa 7 skala Richter yang mengguncang Haiti. Bangunan hotel rusak parah. Setidaknya ada sekitar 300 orang yang berada di hotel tersebut saat gempa terjadi termasuk kemungkinan beberapa staf PBB yang terjebak di puing-puing hotel.

Gempa HaitiSebanyak 100 orang berhasil menyelamatkan diri namun diperkirakan masih ada 200 orang lainnya yang terperangkap di bawah puing hotel. Beberapa Korban yang masih hidup ada yang dapat terselamatkan, diantaranya Tim Sar Chili menyelamatkan anak kecil dari bawah reruntuhan.

Warga Negara Indonesia yang selamat Endang Satriani dan Yogi Anggoro dalam komunikasi beberapa terakhir, aktif mencari keberadaan sesama warga Indonesia yang selamat dalam bencana Gempa Haiti.

Video Gempa Haiti Youtube Foto Ekslusif (Haiti Earthquake Video)



Jumlah korban jiwa Gempa Tektonik Haiti sulit untuk dipastikan. Namun Perdana Menteri (PM) Haiti Jean-Max Bellerive mengatakan pada CNN, Kamis (14/1), jumlah korban tewas bisa di atas 100 ribu orang.

Akibat gempa, gedung-gedung hotel, rumah sakit, sekolah, rumah penduduk dan bangunan-bangunan lainnya kini rata dengan tanah. Banyak korban terkubur di bawah reruntuhan. Bahkan mayat-mayat pun berserakan di jalan-jalan. Demikian seperti diberitakan AFP, Kamis (14/1).

Berbeda dengan PM Haiti, Presiden Haiti Rene Preval mengatakan, korban jiwa bisa mencapai sekitar 50 ribu orang. Dikatakannya, banyak gedung hancur diguncang gempa. “Parlemen telah ambruk. Kantor pajak ambruk. Sekolah-sekolah ambruk. Rumah sakit-rumah sakit ambruk,” kata Preval kepada CNN.

Akibat gempa berkekuatan 7 Skala Richter ini, ribuan orang belum ditemukan. Bahkan kini ada kekhawatiran akan terjadinya aksi kriminal. Sebab menurut Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), penjara utama Haiti telah ambruk akibat gempa. Akibatnya, para tahanan pun kabur. Menyusul gempa dahsyat tersebut, lebih dari 30 gempa susulan terasa di Port-au-Prince. Ibukota Haiti itu dihuni oleh lebih dari 2 juta orang, yang sebagian besar hidup dalam kemiskinan.

14 Staf PBB di Haiti dilaporkan tewas serta 56 luka berat akibat gempa berkekuatan 7 SR yang menggoyang negara tersebut. Sedangkan 150 staf lainnya hingga kini masih dinyatakan hilang. Demikian dikatakan Kepala Departemen Bantuan Lapangan PBB, Susana Malcorra, seperti dikutip dari reuters, Kamis (14/1).

Menurut Susana, korban merupakan staf misi PBB di Haiti (Minustah). Hingga kini, menurutnya, ada sekitar 150 orang yang masih dicari. Namun, Kepala Departemen Perdamaian PBB, Alain Leroy mengatakan, tewasnya staf PBB itu tidak dapat dikonfirmasi kepada Presiden Haiti Rene Preval. “Kami tidak dapat mengkonfirmasi laporan itu,” ucapnya.

Meski demikian, Leroy menambahkan, Kantor Minustah ambruk akibat gempa dahsyat itu. Belum ada data resmi mengenai besarnya korban jiwa akibat gempa Haiti. Dikhawatirkan, ribuan orang tewas tertimbung reruntuhan bangunan. Gempa menghancurkan berbagai gedung di Port-au-Prince termasuk Istana Kepresidenan Haiti.

Sebaliknya, presiden Haiti Rene Preval mengatakan, pemimpin misi PBB di Haiti, Hedi Annabi, merupakan salah satu dari korban staff PBB yang tewas dalam gempa di negaranya. “Duta Besar Annabi meninggal. Kami menyampaikan simpati dan belasungkawa kami kepada semua masyarakat internasional,” kata Preval kepada wartawan di Port-au-Prince. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon sebelumnya mengatakan ia tak dapat mengkonfirmasi laporan Annabi telah meninggal.

Obama Perintahkan Semua Upaya Penyelamatan di Haiti

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berjanji akan mengerahkan semua upaya penyelamatan dan kemanusiaan untuk membantu rakyat Haiti yang diguncang gempa dahsyat.

Presiden Obama menegaskan komitmen AS untuk membantu Haiti di masa-masa sulit ini. “Kita harus ada di sana untuk mereka di saat mereka membutuhkan,” kata Obama seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (14/1).

Atas perintah Obama, militer AS mulai mengerahkan kapal-kapal, helikopter, pesawat transpor beserta personel-personel AS untuk membantu upaya penyelamatan di Haiti.
Dikatakan Jenderal Douglas Fraser, pimpinan US. Southern Command, 2 ribu personel Marinir juga akan tiba di Haiti dalam beberapa hari ini untuk membantu distribusi bantuan darurat ataupun menjaga keamanan di negara itu bersama dengan PBB.



2 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


torik said...

turut berduka cita atas korban dan bencana di haiti

Anonymous said...

Mari kita saling bantu sesama.....

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...