Page Rank dihilangkan, dihapus atau disembunyikan ?



Share
Page Rank dihilangkanPage Rank dihilangkan ... PageRank sudah tidak dipakai lagi ? Apakah PR dihapuskan dan tidak akan ada Blog atau Situs yang mempunyai Page Rank? Google menghilangkan sistem PageRank blog, situs dan website ?
PageRank Adalah Borok di Tubuh Cantik Tante Google atau Kerikil di Sepatu Eloknya ?
Mungkin Iya ... tapi lebih tepatnya PR bukan dihilangkan, Google menyembunyikan Pagerank Blog / Situs milik kita. Seperti kita ketahui Update Pagerank biasanya dilakukan tiga bulan sekali pada dasarnya Update Page Rank Google dilakukan tiap hari.

Pihak Google baru mengumumkan PR masing-masing blog dan situs kurang lebih tiga bulan sekali. Jadi bukan hal yang mustahil jika beberapa saat yang akan datang google benar-benar "menyembunyikan algoritma pagerank untuk selamanya"

Pihak google bukan menghapus keberadaan PageRank, akan tetapi membloking (blocking) / menutup akses untuk siapapun dan pihak manapun mencoba mengetahui berapa level PageRank halaman blog mereka.

Mungkin google sedang mempersiapkan satu sistem pengunci gembok yang tidak bisa dibuka pintunya oleh spiderbots yang melakukan dan membuka layanan free pagerank checker dalam mendeteksi halaman-halaman situs atau blognya.
PageRank Update, seperti disampaikan oleh insinyur Google, Matt Cutts, selaku perwakilan dari Google, bahwa PageRank diperbaharui per tiga bulan sekali. Secara umum, Page Rank ini bisa saja tidak bisa dipercaya, terutama masalah waktu update yang dipergunakan tersebut.

Update PageRank yang ada pada Google sebenarnya dilakukan secara harian, atau mendekati itu, alasannya ? Mereka dengan mudah melakukannya melalui index yang mereka simpan dan amankan di dalam database mereka.

Namun demikian, kita tidak bisa melihat perubahan Update PageRank hingga google meng Update PageRank secara periodik seperti disampaikan oleh Insiyur mereka tadi, Tiga Bulan sekali dilakukan Update PageRank.

Ini dilakukan oleh Google mungkin untuk menghadapi maraknya bisnis Jual Beli Link dan juga Paid Review, dimana yang menjadi patokan dari harga dan laku tidaknya jualan link ataupun paid review biasanya dilihat dari Page Ranknya.

Saya akan mengutip salah satu analisa dari Master Blog SEO yang sudah memprediksi setahun yang lalu bahwa PageRank adalah Borok. Atau saya meminjam istilah dari BJ Habibie saat melepas Timor timur dari pangkuan NKRI "Tim-Tim seperti kerikil dalam sepatu". Begitupun Page Rank bagi pihak Google Ibarat Kerikil dalam Sepatu.

Jika PageRank Adalah Borok, Kenapa Google Memeliharanya ?
Google Pagerank yang sejatinya sebagai metode yang diterapkan Google untuk mengkalkulasi relevansi dan pentingnya halaman sebuah blog/web berdasarkan link yang mengarah pada halaman tersebut, telah dijadikan barang dagangan untuk mencari duit di dunia maya ini, lewat program-program yang lebih tepatnya disebut program manipulasi algoritma, seperti paid links dan paid reviews.

Google pagerank dijadikan sebagai kemasan menarik untuk memasarkan blog kepada para advertiser yang agresif dalam mempromosikan produknya. Sebagai imbalan empunya blog mendapatkan pundi-pundi dollar dari para Advertiser itu.

Ini merupakan ladang bisnis yang sangat menguntungkan bagi para Blogger, sehingga mengejar PageRank merupakan target utama yang diagendakan setiap blogger yang memonetasi blognya.

Namun begitu Google, sebagai pemilik sah plus tunggal dari PageRank, sangatlah keberatan jika hasil karyanya dijadikan objek jual-beli. Karena itu bukanlah ide yang di gariskannya.

Menurut Google, program jual beli PageRank berdampak negatif karena dapat memanipulasi perhitungan algoritma, imbasnya mempengaruhi proses pencarian informasi di SE (Search engine).

Karena cara ini membuka peluang bermunculannya informasi yang tidak relefan. Karena di khawatirkan posisi terbaik hasil pencarian (SERP) adalah dari web atau blog yang tidak relefan dari info yang dicari oleh pengguna SE.

Oleh karena itu, Google mengumumkan perang kepada program bisnis jenis ini, dan mengultimatum akan me-smackdown PR siapapun yang ikut berpartisipasi di bisnis ini.

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika PageRank menyebabkan suburnya praktek manipulasi Algoritma dan membuat Google sakit gigi, lalu kenapa Google mempertahankannya? Dan kenapa pula Mozilla Firefox malah menyediakan Toolbar PageRank untuk menampilkan rangking sebuah halaman blog?

Ini pertanyaan-pertanyaan yang harus di jawab Google dan dicarikan solusinya. Bukankah program-program bisnis yang konon menjadi rival salah satu ladang usaha Google ini menggunakan PageRank sebagai tolak ukur popularitas dan bandroll sebuah blog.

Dan semakin bias lagi ternyata PageRank bukanlah jaminan sebuah halaman blog/web akan mendapat posisi bagus di hasil Pencarian. Anda boleh saja bangga dengan angka PageRank yang tinggi, namun bukan berarti halaman-halaman anda yang ber PR tinggi akan mendapat posisi terbaik di hasil pencarian ( SERP).

Itu bukanlah masalah bagi para peblogger bisnis, karena peranan PageRank sekarang ini lebih menyentuh sisi komersial dari pada kualitas sebuah halaman blog, sehingga yang menjadi trend sekarang ini ialah mengejar Pagerank untuk dijual. Maka dapat dimaklumi jika Gus menyebut Pagerank sebagai berhala digital.

Jika begitu kenyatannya, idealnya Google sudah harus menghapus keberadaan PageRank, atau jika itu mustahil, Google seharusnya menutup akses bagi siapapun untuk mengetahui berapa level PageRank halaman blog mereka.

Dan mengunci pintu bagi para spiderbots layanan free pagerank checker untuk mendeteksi halaman-halaman web/blog. Sehingga PageRank hanya diketahui Google saja.

Namun yang ada sekarang ini Google secara tidak langsung malah memfasilitasi tumbuh suburnya program paid review dan paid links, dengan terus menampilkan PageRank kepada publik.

Sehingga yang muncul kepermukaan adalah ketidakonsisten-an Google dalam memerangi bisnis paid review. Ini sama saja, memelihara borok yang menganga dikaki dengan tidak mengobatinya, di saat yang sama berdoa dan berharap ingin sembuh.

Jadi menurut saya jika Google ingin membunuh bisnis paid links & reviews atau setidaknya meminimalisir tumbuh suburnya program-program tersebut, mungkin cara terbaik dengan tidak lagi menampilkan PageRank kepada publik, namun dirahasiakan.

Dengan begitu, tidak akan lagi yang memusingkan PageRank dan tidak akan ada lagi transaksi jual beli links dengan menggunakan PageRank sebagai tolak ukur, sehingga lambat laun (mungkin) program tersebut akan mati.

Jika Google tidak mau melakukan itu, maka berhentilah memerangi bisnis paid review dan paid links.

Gimana menurut rekan-rekan, ada masukan ?

38 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


petani online said...

pertamax ;;)

torik said...

thank mas infonya...

akmal said...

Waduh kalau pagerank dihilangkan terus gimana dong menilai bl0og kita ntar? apa dengan menghitung berapa jumlah halaman yang terindeks google?

aLi said...

waduh.. kalo PR dihilangkan.. mau jadi apa ya para pembisnis internet yang notabene main PTR buat cari uangnya... :D wkwkwkwk..

paling main adsense.. yeah.. muantep.. mesti belajar lagi nah

gusbud said...

pagerank pada dasarnya adalah sebuah tolak ukur keberhasilan seorang blogger apapun itu tujuan ngeblognya.bagaimanapun google berhak untuk menentukan masa depan pagerank, tapi klo alangkah ebih baik jika "yang menurut google" salah aja yang diblock yang lain tidak begono

rio2000 said...

page rank cuma buat narcis aja :))

sugeng said...

waduh makanya ditunggu2 kok ga update2 ya bang

bagas said...

kalo PR disembunyiin paling SEO yang jalan makin gila-gilaan. hehe. no comment deh soal PR.

Anonymous said...

Kalo PR di hilangkan mah gak mungkin, tapi kalo indikator nya baru mungkin....

Kopi Tozie said...

@ to All : Thx Commentarnya sob.
@ Anonymous : Betul sob maksudnya begitu, disembunyikan supaya tidak diperjual-belikan. alias disumputkeun supados teu diical galeuhkeun :)

annosmile said...

wew..
klo dihapus tinggal berharap sama alexa
xixixi

Ridwanox said...

mungkin ada alternatif yang bisa menunjukkan kualitas sebuah halaman selain PR :D

Kopi Tozie said...

@Annosmile : Iya mungkin begitu boss Alexa jadi patokan, tapi bisa saja kalo PR disembunyikan Bisnis Paid Review atau TLA lihat dari jumlah BL selain Alexa. Yaa .. namanya juga bisnis pasti dicari celahnya :)

@Ridwanox : Idem dengan diatas sob, Alexa ... dan Jumlah BL .. maybe :) jika bener2 indikator PR hanya bisa diakses sistem google dan tidak berbagi dengan yang laen.

Apa Sih Asyiknya Belajar SEO said...

mungkin di masa yang akan datang nanti,,, para advertiser akan memandang ALEXA sebagai pengganti PR... :D

antonfkip said...

mau makan apa saya nanti jika pr udah gada,pada demo ga ya kalu pr gada? kalo pada demo saya juga ikutan demo ah......hihihihihihihih

Kopi Tozie said...

@ Adi : haiyah ini pasti anchor kontes :). Mungkin iya penilaian dari Aleza dan jumlah BL paling sob.

@ Antonflip : Santai saja sob .. ngebloglah dengan riang gembira .. he he he. Urusan makan dan hasil itu bukan problem kita, manusia cuma wajib berusaha dan bekerja keras, gagal atau tersungkur itu hal biasa. Cayooo

Kerja Keras Adalah Energi Kita said...

jelas jika demikian yang dilakukan google para praktisi online marketing akan merubah pola penerapa indikator dan mungkin saja ini salah satu proses akan mulai ditinggalkannya google sebagai parameter nomer satu. (IMHO) kita liat perkembangan berikutnya :)

Lala said...

PR ada atau endak, yang penting ngeblog jalan terus hihihi ;))

rudy azhar said...

pantesan saya tunggu tunggu kok google ndak update-update PR, soale terakhir update PR blog saya bertelor lagi dari sebelumnya PR2...

tapi ndak masalah kok mau dipublikasikan atau tidak yang penting kita harus konsisten ngeblog..

DOKTER-pulsa said...

bener gak fren PR dihapus ama google? tapi yang saya lihat sich di blog-blognya sobat-sobat yang lain masih pada dempel tuch PRnya..

cari duit sampingan said...

yang paling gembira pasti anak SD he he horee....! gak ada PR lagi.
mungkin gugel takut di saingi bing

Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang said...

berkunjung lagi bang :D

indungg said...

Mungkinkah ini pertanda matinya PTR? TLads?
Who knows?

serunya belajar seo said...

berarti nggak perlu memusingkan mau PR naik atau turun lagi yaa :D

lia said...

mudah2an dunia berburu dollar masih tetap ad,,

siapih said...

poek kang ah.. perkawis PR ieu.. saur abdi mah mendingan alexa sareng PR teh di hapus wae.. ambeh tidak ada yang namanya master.. jadi sama rata semuanya.. blogger.. kitu masukan ti sim kuring mah?.. prikitiw

Kopi Tozie said...

@ Hendra Kerja Keras : Ikutan kontes ya sob aq dukung dech

@ Lala : seeep se7

@ rudy azhar : tetep semangat sob

@ DOKTER-pulsa : PR masih aktif .. mungkin si Tante lagi mempersiapkan salep untuk ngobati boroknya atau alat pencungkil kerikil di sepatunya.

@ cari duit : betul kalo tante google gak kasih kita rame2 minta PR sama guru SD nan cantik dan montok saja.

@Antonklip kenali : kayaknya lagi injak gaks di kontes pandeglang nih ya ?

@Indungg : Allah itu maha adil .. jika ada daun berguguran jatuh ke bumi akan ada tunas baru yang tumbuh.

@ Mubarok : nah kalo yang ini lagi seru belajar seo ya ? seep thx a lot boss

@ Lia : Amieen .. Tuhan khan gak pernah tidur :), jika satu sumber mata air mati akan ada tanah yang bisa digali untuk bikin sumur baru.

@ Siapih : cieee Prikitiwnya Kang ... aq suka. Masih tiarap di Cinunuk ?

kangdadang said...

jritttttttttt dalemmmmm nih pembahasan.

nisya said...

banyak jalan menuju roma. jadi jangan takut jika PR google akan di hapus, karena bisnis online masih banyak tanpa memerlukan indikasi tersebut. yang penting semangat dan tetap konsisten aja sama ngeblog.

Abi said...

Akhirnya Google menyembuhkan si borok, mungkin efek sementara dari keputusan Google ini akan mengendurkan motivasi sebagian blogger yang ngejar PR, karena selama ini PR di jadikan standar untuk nambah gengsi dan keberhasilan ngeblog selain sisi komersil, pula saya yakin blogger2 yg bilang "saya tidak perduli sama PR" hatinya belum tentu satu suara dengan tulisannya (mulutnya)karena PR adalah hal indah yg di luncurkan Google!

Saya yakin Google hanya menyembunyikan agar webmaster fokus pada websitanya bukan PR seperti ucapan Susan Moskwa dari GWT Analyst

Makasih bos kutipannya plus linknya,:D

download mp3 said...

Bagaimana dengan kemungkinan adanya sebuah sistem penganalisa pagerank diluar google? tapi menggunakan pendekatan seperti google. bisa saja kan? tapi bagaimanapun tentu saja ini pukulan telak bagi bisnis jualan link dan review.

Tapi saya kira para broker PTR juga tidak akan kehabisan akal...

hanya pendapat orang stress ............

rumahdanmimpi said...

halah, truz nasib para pemimpi, yang baru aja pengen mengikuti jejak para blogger pro, gimana ya?

mas, saya komen pake akun saya yang http://bayuratri.com koq ga bisa ya?
Your request could not be processed. Please try again.

Blog Bisnisku said...

penjelasan yang masuk diakal..walaupun belum sepenuhnya memuaskan rasa ingin tau dan penasaran mengenai isu tersebut..btw terima kasih banyak atas sharingnya

Mapuc said...

kl tuch kayak e permainan si google sendiri sich ha ha, sengaja di biarin and ikut meramaikan google, tetapi seolah2 di perangi dengan mencabut PR para blogger.

Dokter Pulsa said...

=)) thanks broo.. tuk semua informasinya.....!!

Handoko Tantra said...

blog saya baru2 ini malah dapet pr 3...kalau di Google toolbar masih kelihatan mas...

abbegrt said...

nice info boss

harris said...

infonya mantap boss

salam kenal

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...