Gempa Tasikmalaya Susulan membuat panik warga



Share
Gempa TasikmalayaGempa Tasikmalaya susulan yang terjadi 12 Oktober 2009, kembali membuat panik warga Tasikmalaya, Jawa Barat. Menyusul Gempa Bumi berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang daerah tersebut, Senin (12/10) pagi.

Gempa Tasikmalaya pagi tadi membuat kepanikan antara lain terjadi di Kantor Wali Kota Tasikmalaya. Begitu merasakan guncangan gempa, para pegawai langsung berhamburan keluar.
Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa berkekuatan 5,1 SR yang terjadi pukul 09.56 WIB berpusat di 136 kilometer barat daya Tasikmalaya. Setelah keadaan dinyatakan aman, para pegawai kembali bekerja seperti biasa.

Hingga kini, sebagian warga mengaku masih trauma dengan gempa 7,3 skala Richter yang mengguncang, 2 September silam. Sebab, selain merenggut korban jiwa, gempa juga menghancurkan berbagai bangunan dan rumah warga.

Tak hanya Tasikmalaya, gempa berkekuatan lima skala Richter juga kembali mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara, hari ini sekitar pukul 02.03 WIB. Serupa dengan gempa sebelumnnya yang berkekuatan 5,8 SR, gejala alam ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG menyebutkan, lokasi gempa berada pada garis 3,92 Lintang Utara-126,67 Bujur Timur dan berjarak delapan kilometer selatan Melonguane, Sulut. Gempa ini berada pada kedalaman sepuluh kilometer.

Seperti dilansir ANTARA, gempa tak hanya berpusat di satu titik. Pusat gempa juga berada pada 137 kilometer timur laut Sahuna-Sulut, 319 kilometer timur laut Bitung-Sulut, 338 kilometer timur laut Manada-Sulut, dan 357 kilometer barat laut Ternate-Maluku Utara.

6 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Anonymous said...

Gempa Cilacap ... Gempa bumi Tasikmalaya tadi pagi dan Gempa Sulut juga mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara pukul 02.03 WIB Sore, Hari ini gempa dimana-mana mudah-mudahan bangsa kita tetap kuat dan tabah serta tetap semangat. Amieen

antonfkip said...

waaahh ada gempa lagi bang?????wadoh ko jadi sering gempa ce???

btw entar malem ol ya bang ada yang mau ane tanyain hehehehehehe....

Ridwanox said...

wah mengerikan juga y kang :-0

KOESnadi said...

Waduh malah baru denger neh....kemarin temanku **yang ahli gempa** bilang kemungkinan besar setelah gempa di padang, gempa berikutnya mungkin akan terjadi di daerah lampung dan di daerah indonesia timur (Irian dan Sulawesi).Itu menurut analisa-nya (berdasarkan teori tumbukan lempeng dan ilmu gempa tentunya..)semoga negeri ini diberi ketabahan...

siapih said...

tapi tidak ada korban kan.. mudah mudahan..

Type Approval said...

gempa lagi gempa lagi....
mudah mudahan ini gempa yang terakhir...

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...