Batik Banten dan Kebudayaan Tenun Suku Baduy



Share
Batik BantenJika selama ini batik hanya dikenal berasal dari Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Madura, Kebumen, Bali, Sumatera, Kalimantan, Batik Tulis Garut ataupun Cirebon seperti yang banyak kita lihat di beberapa Toko Batik Online.

Batik kini terdapat pula di Banten. Banten memiliki keindahan motif dan corak batik yang selama ini belum dikenal masyarakat luas.

Sebagai upaya melestarian potensi kekayaan intelektual masyarakat Banten, maka diwujudkanlah berbagai wahana, baik pada seni hias ornamental bangunan maupun pada seni hias kain, yaitu batik. Bahkan, tak hanya batik saja, tenun Baduy pun turut dibudi dayakan.

Untuk memamerkan warisan budaya yang selama ini terpendam, desainer Riny Suwardi didapuk masyarakat Banten, khususnya organisasi Darma Wanita Persatuan Provinsi Banten untuk 'mengangkat dan mengeksplor' ide kreatifnya menjadi desain yang luar biasa dalam kemasan yang terlihat sangat elegan dan chic dalam Parade Budaya Banten, ? Kharisma Batik dan Tenun Banten'.
"Sebenarnya, dari gubernur ada anggaran khusus kepada organisasi kami untuk memajukan dan mengembangkan potensi yang ada di Banten. Ibu Atut sudah meminta kami untuk memperkenalkan Banten dan kami pikir batik Banten dan tenun Baduy bisa kami perkenalkan.

Kami memang sudah merencanakan ini dari tahun 2007, tetapi baru tahun ini rencana tersebut baru terealisasi," papar Ketua Darma Wanita Persatuan Provinsi Banten Hj Pipih Muhadi saat ditemui di Hotel Permata Krakatau Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu.

Motif dan warna kain batik Banten yang unik berhasil memincut hati Riny Suwandi untuk merancang desain busana yang menarik.

"Motif dari batik Banten dan tenun Baduy ini mempunyai filosofi-filosofi tersendiri, dari sejarah yang terjadi di Banten. Sangat unik sehingga memacu kekreativitas saya untuk menghasilkan karya desain busana yang lebih imajinatif, dan penuh daya khayal," ungkapnya.

Dengan motif dan warna yang unik itu, sambung wanita kelahiran 19 Januari 1971 ini, membuat rancangannya lebih girly dan fun.

"Dari motif yang ada serta permainan warna yang cukup berani, membuat desain saya kali ini terlihat berbeda. Sehingga kesan yang saya tampilkan dalam desain-desain baju saya yang sekarang ini lebih girly dan fun. Keunikan batik Banten tampak pada warnanya, sedangkan tenun Banten pada ornamennya yang sederhana," ujarnya.

Senada dengan Riny, Hj Pipih mengungkapkan jika motif batik Banten sangat berwrna, sementara tenun Baduy sulit untuk dimodifikasi. Menurutnya, ada banyak perbedaan warna dari kedua jenis kain tersebut.

"Untuk batik Banten, lebih colorfull karena ada pengaruh budaya China Benteng. Sedangkan batik Baduy susah mengubah warnanya, sebab hanya terdiri dari hitam dan biru saja dan tidak ada modifikasi. Motif paku debus dan surosowan merupakan motif batik Banten yang paling terkenal," kata Hj Pipih.

Terselenggaranya acara ini meninggalkan harapan bagi Hj Pipih. Ia berharap dengan terselenggaranya acara tersebut bisa memajukan Banten dan lebih membuatnya dikenal dengan keindahan batik serta tenun Baduy.

"Saya harap dengan semakin banyak yang tahu Banten memiliki Batik dan tenun yang berkualitas dan corak serta motif yang menarik, maka setiap kali berkunjung ke Banten, tak lupa membawa oleh-oleh khas Banten yaitu batik Banten dan tenun Baduy," harapnya.

Dalam pengaplikasiannya, Riny membuat batik Banten dan tenun Baduy dipadukan dengan frill dan kerutan-kerutan. Dengan permainan tersebut membuat rancangan busananya banyak bermodel balon yang memberi kesan lebih girly dan menarik.

"Dalam koleksi ini, saya bermain cutting, serta konsep padupadan. Agar koleksi tetap terlihat menarik, saya juga tetap membawa ciri khas saya seperti frill, lipit-lipit, model bulu, kristal swarovski, dan payet," tandasnya.

Koleksi Riny hadir dalam 4 sekuen, yang terdiri dari busana kerja, busana pesta, busana sehari-hari, serta koleksi batik Banten dan tenun Baduy yang dikolaborasikan dengan kebaya.

3 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Blogger Nekad said...

semoga batik tetap menjadi peninggalan bangsa indonesia dan bahkan menjadi andalan bagi bangsa kita

antonfkip said...

untung batik udah dipatenkan sebagai salah satu warisan dunia asli indonesia kalo engga, pasti ada yang claim lagi tuh bang....btw maaf out of topik...update pr ko lama kali ya bang? apa blog ane emang ga dapet pr....punya abang ada naik ga?

Ridwanox said...

benar2 khas budaya Indonesia,mantap :D

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...