Pengganti Noordin M Top sudah ada ?



Share
Pengganti Noordin M TopIsi Laptop Noordin M Top sedikit banyak bisa memberikan gambaran bagi Polisi bagaimana sepak terjang Tanzim Al Qaeda Asia Tenggara, beserta pembagian-pembagian tugasnya.

Tewasnya Noordin M Top, teroris yang selama sembilan tahun buron oleh kepolisian, disinyalir oleh pengamat intelijen akan ada penggantinya.

Siapa Pengganti Noordin M Top ? ada beberapa nama yang muncul sebagai calon pengganti peran Noordin M Top .

Sejumlah nama diantaranya Syaifudin Zuhri bin Zaelani perekrut Pelaku Bom Mega Kuningan diduga telah menggantikan peran Noordin sebagai perekrut anggota baru dalam jaringannya, nama kedua adalah Mohamad Syahrir alias Aing yang pernah menjadi Mekanik Pesawat Terbang di beberapa Maskapai Penerbangan Nasional. Kemampuannya dalam mekanik dan mesin Pesawat membuatnya berpotensi melakukan aksi teror melalui udara.

Yang ketiga Baharudin Latif alias Baridin yang berhasil lolos dalam penggerebekan di rumahnya Kecamatan Binangun Cilacap Jawa Tengah bulan Juni lalu, yang merupakan mertua Noordin M Top serta alumni pendidikan militer di Afganistan.

Satu lagi nama yang masih dicari polisi dan namanya kurang begitu ngetop adalan Para Wijayanto, padahal menurut kabar Para Wijianto merupakan sosok yang cukup disegani oleh Noordin M Top gembong teroris asal Malaysia yang tewas saat penggerebekan Teroris Solo.

Para Wijayanto sudah lama tidak diketahui keberadaannya oleh para tetangganya, setelah pada tahun 2004 lalu, terdengar kabar perburuan atas dirinya oleh Densus 88 Mabes Polri.

Para Wijayanto menghilang sejak rumahnya digerebek Densus 88 Mabes Polri pada tahun 2004 lalu. Namun para yang baru saja pulang dari bepergian, berhasil meloloskan diri dari pintu belakang. Tak lama setelah Para buron, istri dan anak-anaknya pun meninggalkan rumah tersebut. Tidak ada informasi di mana sekarang istri dan anak-anak para tinggal.

Menurut beberapa sumber, Para merupakan pimpinan senior di lingkungan Jamaah Islamiyah (JI). Para juga disebut-sebut merupakan sosok yang disegani gembong teroris asal Malaysia, Noordin M Top.

"Sayap luar, sayap baru. Dia juga dicari polisi selain Noordin. Buron juga dan senior di Moro," jelasnya.


Waspadai Penerus Noordin M. Top Video Foto TVone.co.id



Noordin memang telah tewas, tapi masyarakat diharap waspadai kaki tangan Noordin M. Top yang berpotensi meneruskan teror di Indonesia.
Tewasnya Noordin M Top, teroris yang selama sembilan tahun buron oleh kepolisian, disinyalir oleh pengamat intelijen akan ada penggantinya.

"Pengganti Noordin adalah Saefudin Zuhri atau Zulkarnaen (keduanya masih buron). Zulkarnaen mempunyai keahlian merakit bom, sedangkan Saefuddin merekrut," ungkap pengamat intelijen, Al Chaidar, kepada Media Indonesia, Jumat (18/9).

Chaidar menjelaskan bahwa simpul-simpul terorisme masih sulit untuk diuraikan oleh pemerintah. Selain simpul-simpulnya masih kuat, pendanaan mereka juga tidak kalah kuatnya.

Simpul-simpul itu, lanjut Chaidar, berasal dari fatwa ulama-ulama negara wahabi yang menghalalkan bom bunuh diri seperti itu. Ini sulit untuk disaring karena ada di tingkat internasional. "Namun, tidak menutup kemungkinan bisa tersaring jika ada peran aktif dari para ulama di tanah air untuk meredam fatwa ulama wahabi tersebut," tambah Chaidar.

Dengan tewasnya Noordin dan terungkapnya beberapa rencana bom bunuh diri oleh kepolisian, maka kelompok teroris yang belum tertangkap bisa mengubah konsep mereka. "Mereka akan mengubah konsep yang lama, seperti para pemimpinnya tidak bisa ditemui oleh anak buahnya dan akan merekrut orang-orang baru untuk organisasi mereka," ujarnya.

Chaidar meramalkan bahwa Indonesia bisa merasakan aman tanpa ada aksi teror bom selama beberapa bulan ke depan. "Mungkin bisa saja setengah tahun, karena mereka harus menyiapkan konsep baru tersebut," ujarnya. (*/OL-04)

source : detiknews, media Indonesia

4 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Blog Sharing said...

ya setiap ada yang hilang biasanya ada penggantinya :D

mybisnis said...

mengapa yang nama kejahatan selalu dengan cepat dapat berganti muka

KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA said...

ampun deh..
sampai kapan indonesia terus begini..
w heran sama komplotannya noordin. Ngemengnya musuhnya amerika, tapi ngebomnya di indonesia.

tapi setidaknya nooerdin dah KO. :D

Anonymous said...

indonesia 90 % umat muslim ,woi jihad bukan disini ,jalan tuh ke afganistan .

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...