Just Tozie Like Kopi, I am a nobody and it does not matter who I am. I'm just a coffee and djie sam soe lover who want to share anything about what can be shared. Writing down what I wanted to write, whatever people agree or disagree, it does not matter, because I want to be myself without any frills. So, please enjoy what is available here.

Penyebab Keputihan dan Penanggulangannya pada Wanita



Share
Apa itu keputihan pada wanita ? Bagaimana penanggulangannya ? Sering sekali pertanyaan yang terdengar sederhana tapi cukup rumit saat mencari jawaban dan penanggulangannya. Melanjutkan artikel PMS pada wanita (Pre-Menstruasi Syndrom) sebelumnya. Dunia Wanita memang dunia yang menyimpan banyak hijab yang layak disingkap. Salah satunya masalah sepele tapi jangan sampai kecele adalah masalah keputihan yang dialami wanita / perempuan. Terutama pada wanita usia dewasa.

Tapi jangan salah keputihan itu juga bisa dialami wanita dari masa kanak-kanak bahkan tidak pandang bulu mau wanita cantik atupun tidak cantik yang berbulu banyak ataupun sedikit bisa terkena keputihan :peace, dan biasanya wanita yang belum dewasa tidak begitu mempedulikan masalah keputihan, padahal jika sudah akut agak sulit untuk mengobati keputihan yang diidap wanita dari masa kanak-kanak sampai dewasa.

eputihanSebagai wanita dewasa, tentu Anda pernah mendengar istilah keputihan. Nah, kali ini kita coba pelajari lebih jauh apa dan mengapa keputihan itu dapat terjadi pada seorang wanita, serta bagaimana cara terbaik untuk menanggulanginya.

Keputihan adalah keluarnya cairan berlebihan dari liang senggama (vagina) yang terkadang disertai rasa gatal, nyeri, rasa terbakar di bibir kemaluan, kerap disertai bau busuk, dan menimbulkan rasa nyeri sewaktu berkemih atau bersenggama.

Warna cairan keputihan bervariasi, dari putih, kekuningan, abu-abu, dengan konsistensi cair hingga kental atau bahkan berbentuk seperti kepala susu. Bau dari keputihan pun beragam, dapat tanpa bau, berbau telur busuk, bahkan anyir seperti ikan mentah.

Celakanya, keputihan dapat menyerang wanita mulai dari kanak-kanak hingga menopause. Hal ini karena keputihan terbagi menjadi dua, fisiologik dan patologik.


Menurut para pakar sex (pakar seksologi), perbedaan fisiologik dan patologik adalah, pada fisiologik cairan kadang-kadang berupa mukus yang mengandung banyak epitel dengan leukosit yang jarang. Sedangkan pada patologik, terdapat lebih banyak leukosit.

Keputihan karena fisiologik dapat ditemukan pada bayi yang baru lahir hingga berumur kira-kira sepuluh hari, waktu menarche, wanita dewasa apabila ia dirangsang sebelum dan pada waktu koitus (Coitus), waktu ovulasi, pada wanita berpenyakit menahun dengan neurosis, dan wanita dengan ektropion porsionis uteri.

Sementara keputihan patologik utamanya disebabkan infeksi (jamur, kuman, parasit, virus). Namun dapat pula akibat adanya benda asing dalam liang senggama, gangguan hormonal akibat mati haid, kelainan bawaan dari alat kelamin wanita, adanya kanker atau keganasan pada alat kelamin terutama di leher rahim.

Infeksi akibat kuman (bakteri), misalnya akibat;
  • Gonococcus, atau lebih dikenal dengan nama GO. Warnanya kekuningan, yang sebetulnya merupakan nanah yang terdiri dari sel darah putih yang mengandung kuman Neisseria gonorrhoea. Kuman ini mudah mati setelah terkena sabun, alkohol, deterjen, dan sinar matahari. Cara penularannya melalui senggama.
  • Chlamydia trachomatis, kuman ini sering menyebabkan penyakit mata trakhoma. Ditemukan di cairan vagina dengan pewarnaan Diemsa.
  • Gardenerella, menyebabkan peradangan vagina tak spesifik. Biasanya mengisi penuh sel-sel epitel vagina berbentuk khas clue cell. Menghasilkan asam amino yang akan diubah menjadi senyawa amin bau amis, berwarna keabu-abuan.
  • Treponema pallidium, adalah penyebab penyakit kelamin sifilis. Penyakit ini dapat terlihat sebagai kutil-kutil kecil di liang senggama dan bibir kemaluan.
  • Infeksi akibat jamur biasanya disebabkan spesies candida. Cairannya kental, putih susu (sering berbentuk kepala susu), dan gatal. Vagina menjadi kemerahan akibat radang. Predisposisinya adalah kehamilan, Diabetes melitus, akseptor pil KB.

Parasit penyebab keputihan terbanyak adalah Trichomonas vaginalis. Cairannya banyak, berbuih seperti air sabun, bau, gatal, vulva kemerahan, nyeri bila ditekan atau perih saat buang air kecil. Sementara keputihan akibat virus disebabkan Human Papiloma Virus (HPV) dan Herpes simpleks.

Penanggulangan Keputihan

Pemeriksaan dokter baiknya segera dilakukan bila keputihan mulai menyerang Anda. Tujuannya: Menentukan letak dari bagian yang sakit, dalam hal ini mencari darimana keputihan itu berasal.
  • Melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat tertentu untuk mendapatkan gambaran alat kelamin yang lebih baik, seperti melakukan pemeriksaan kolposkopi yang berupa alat optik untuk memperbesar gambaran leher rahim, liang senggama dan bibir kemaluan.
  • Merencanakan pengobatan setelah melihat kelainan yang ditemukan.
Lalu, bagaimana pengobatan yang rasional untuk mengatasi keputihan? Beberapa cara dapat dilakukan, yaitu sebagai penawar saja, obat pemusnah atau pemungkas, dan melakukan penghancuran lokal pada kutil leher rahim, liang senggama, bibir kemaluan, atau melakukan pembedahan.

Obat-obat penawar misalnya Betadine vaginal kit, Intima, Dettol, yang sekadar membersihkan cairan keputihan dari liang senggama, tapi tidak membunuh kuman penyebabnya. Selain itu dapat dilakukan penyinaran dengan radioaktif atau penyuntikan sitostatika. Sedangkan obat pemunah misalnya vaksinasi, tetrasiklin, penisilin, thiamfenikol, doksisiklin, eritromisin, dsb.

Sementara penghancuran lokal dan pembedahan berupa pengangkatan sebagian jaringan leher rahim, dengan menggunakan kawat berlubang yang dialiri listrik atau dipancung berbentuk kerucut ke bawah menggunakan pisau bedah yang disebut konisasi.

Atau bisa dilakukan pengangkatan seluruh badan kandungan yang disebut histerektomia (jika ada prakanker leher rahim, atau kanker leher rahim).

Nah, banyak juga keputihan yang membandel. Karena itu, lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Dalam kasus keputihan, pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan alat pelindung (kondom), pemakaian obat atau cara profilaksis (pemakaian obat antibiotika disertai dengan pengobatan terhadap jasad renik penyebab penyakit), dan melakukan pemeriksaan dini.

source : dari berbagai sumber

86 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


copas said...

wah bang saya juga sering keputihan gimana ya, kalau saya keputihan sering di kamarmandi bang solusinya gimana???

Ali said...

ternyata laki-laki juga harus tahu ini ya.. :-O

Admin "PK" said...

:-t b-( bang ko pintar sekali sih mengetahui hal itu :-/ jangan2 sering memeriksa ya =))

Bang Ir said...

wah..kang...bahas ini juga? haha...aya manfaat oge...nuhun

blogger dodol said...

Jangan2 si cantik sedang kepuytihan,..??
Iya kang...

albri said...

saya keputihan juga ga ya bang hehehe? barusan baca koran laki2 juga bisa keputihan...

koran minggu jawapos

Anonymous said...

thanks ya infonya...... tuh laki2 jg harus tau supaya bisa jaga bininya tetep sehat!!!!!

Anonymous said...

kalau keputihan keluar dari vagina wanita lumayan banyak,tp rasa gatal kurang pa itu berbahaya

Anonymous said...

aduuh ..saya jg keputihan niih ..apalagi klo mau menstruasi,bauny sangat tdk sedap ..itu gmana dong..?

Anonymous said...

hmmm..............klo pas lg bersenggama ada cairan berbau tidak sedap, itu jg keputihan y?

Anonymous said...

saya jg sering keputihan nie n semuanya jd terasa ngga nyaman....aduh gm ya cara mengobatinya??

Anonymous said...

SAYA SERING KEPUTIHAN KALO MAU MENS,DAN TERKADANG KEPUTIHAN ITU GATAL N BAU,,CARA MENGOBATINYA GMN YA BANG?

Anonymous said...

SETAU SAYA KALO KEPUTIHAN N GATEL2 ITU KESERINGAN BERHUBUNGAN INTIM DENGAN BANYAK CWO!!! BENER GAK?

Kopi Tozie said...

Untuk mengetahui lebih dalam urusan Keputihan pada Vagina dan seluk beluknya bisa mencoba melihat lihat Resep Obat Tradisional yang berhubungan dengan kesehatan alat kelamin wanita.

putrikeraton said...

Iya, para lelaki juga perlu tau dan peduli. Biar para wanita tidak habis dan cowok-cowok tidak berebutan karena kehabisan stok. Yang paling berbahaya bila sampai pada penyakit kanker serviks.

Anonymous said...

woy klo keputihan itu cara yang rasionl itu apa si ?
emang yang buat gatel gatel apa ?`x(

Hari said...

Hati-hati lho kalo keputihan, saya punya buku, disitu ditulis bahwa keputihan itu gejala paling awal dari kanker cervix. Nah kan, jangan anggap enteng keputihan.

Anonymous said...

kalo cara mengobatinya pake daun sirih itu betul gak sih mengurangi keputihan..???

armidona zazkia rahma said...

Hmmmmmmmmmmmmmmmm.............. gimana s"h cara pengobatan yang traditional (alami) tampa melibatkan dokter.......
ya harap maklumlah law udah kedokter itukan pasti biayanya mahal

Anonymous said...

KALAU KEPUTIHAN MENDINGAN DIPERIKSAKAN KE DOKTER GINEKOLOGI JA,MUNGKIN DI KARENAKAN JAMUR,PASTI BISA SEMBUH KOQ

kiki said...

Produk Crystal-X ini di buat dari mineral alam yang berfungsi membantu membunuh bakteri, virus dan kuman penyakit, menghilangkan bau, di padu dengan zat-zat antiseptic dari daun sirih yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada jaringan epitel pada rongga miss V dan zat viniel dari daun sisik naga yang akan melenturkan dan merapatkan miss V

Manfaat dan Fungsi Crystal-X :
• Membunuh kuman, jamur dan bakteri.
• Mengaktifkan dan melenturkan miss V.
• Menghilangkan bau tak sedap.
• Mencegah dan menyembuhkan keputihan.
• Membersihkan kerak dan kotoran di selaput miss V.
• Menambah kepekaan terhadap daya rangsang.
• Menyembuhkan iritasi diselaput miss V.
• Mencegah tejadinya kanker alat reproduksi wanita.

http://www.naturalcrystal-x.co.cc

Anonymous said...

maap sblmnya,bkn brmksud copy pazte sech....... artikel anda saya posting d FB sy, abiznya pzte brmanfaat buat byk org, khususnya cwe2 sprti sy yg sring mengalami keputihan.en tenqyu bgt yach......sy mnyukai blog anda

me said...

saya kurang paham dgan bahaya keputihan...

rusni_takaful@yahoo.com said...

Alhamdullilah sekarang saya ga keputihan lagi.
Yang penting kita bisa jaga kebersihan, jangan gunakan celana tll ketat, pakai yang mudah menyerap keringat, jangan keseringan pakai pantyliner, jgn tll sering memakai sabun pembersih khusus dan sering2 ganti pembalut.

Ga perlu pembalut MLM yang muahal buanget, pembalut apa saja yang penting sering2 ganti.
Tks

Sahabat Sehat said...

Bro and sis,

Ada masalah jangan dibicarakan dengan yang belum ngerti atau pengetahuannya masih sebatas luar saja. Konsultasikan dengan para dokter/apoteker segera.
Ingat, tahu sesuatu adalah penting. Lebih penting bila apabila kita tahu dari orang yang mengerti.

Anonymous said...

kalo keputihannya banyak terus agak berbau tapi tidak menimbulkan rasa sakit itu bahaya gak????
katanya keputihan bisa menyebabkan kemandulan, bener gak sih......???

ila acja said...

ila acja...
bagaiman, cara ngilangi keputihan??? cz dh 4 bln, sy keputihan trz... d bln ney, udah berkurang,, sy mw menghilangknx spy sy gk ketakutan karena keputihan...

detrix said...

keputihan itu buat sakit bagian bawah perut gk sich?kalau sampai sakit,apa tergolong keputihan yang sudah masuk stadium parah ya??

May said...

Thnks info bos,,
nah kalo pake obat2n gto yg djual dpasaran,bhaya ga ya?

Anonymous said...

comment2nya kok g dijwab c?

Anonymous said...

Wah mending coment'a jwb dulu boz,,rata'' prtanyaan'a sama smua tkx...

Wii_vie said...

HducH pGn cPt" iLanGin kpUtiHan...c0z ga pEdE bAuX.mSkpn cm qT yg tEu, tP akhrX low dh mrrid kn sUami jG tW..:-/

Anonymous said...

wah bru tau q lok keputihan bahaya juga

Anonymous said...

hmm aq mau tanya keputihan bisa diobati dengan pengobatan tradisional ga ya?

Anonymous said...

aduhhh...
atyudddtttt...
q udaH tanda.na eeeee...
moga jha cepet sembuh jha tuhan.....
amindt.....

Anonymous said...

koq comment2nya ga di jwb seh,,,?

Anonymous said...

q jg lg gk enk,gk pede, ru x ni.. :( mdh2n pk daun srih bs y

Niezhya said...

klow sya zegh biasanya kepuitihan pas mau dapet, gmn tugh bang......???????? bhaya ngga'?????????????????

Anonymous said...

gak tenang aja, minum saja oralit pasti gak mencretlagi

Anonymous said...

koog punya kku ndaag sembu* iiaaa

Anonymous said...

berarti...keputihan merupakan gejala kanker serviks ya?
lho...baru tau cow jg keputihan y...?

yur_salisa@rocketmail.com said...

solusinya yang laen ada g' yang g minum obat............... hehehehe

Abu Zahirah said...

Masalah keputihan ga usah bingung gunakan V-Spray untuk membantu mengatasi masalah keputihan

Anonymous said...

o ya v-spray itu apa?

Anonymous said...

thx infox
Aq bgt.........

avail said...

Terima kasih infonya. Mohon unduh untuk memperkaya bahan tulisan. Terimakasih

Anonymous said...

pada waktu keputihan ap ngk isa d buahi shingga ngk bisa hamil????????

rani said...

bg obat yg betadine vaginal kit tu memang obat untuk keputihan ya? saya ini termasuk seorang yg mengidap penyakit keputihan semenjak saya kelas 6 SD ap kah msih bisa kemungkinan untuk sembuh ya sekarang saya sudah berumur 20 thun,terus masih bisa dapat anak atau tidak ya? tolong ya bg kasik jawaban y soalnyA selama ini saya terus mencari obat yg tepat tpi smpai sekarang penyakit itu tidak sembuh2,saya tungu jawabannya makasih...

ale said...

ihhhhhhhhhh,,,,,, aQ kok jadi gmn gToechhhhh

Anonymous said...

bagaimana mengatasi keputihan secara alamiyah?????????..............................

Anonymous said...

obat yang bisa dkonsumsi untuk pengobatan keputihan namanya apa??? manjur g????

Anonymous said...

kira-kira keputihan itu penyakit yg berbahaya gk sich..

Anonymous said...

waw infonya bermanfaat sekali...
kalo boleh,minta literatur lain tentang keputihan dOnk,,sumber bukunya juga ea,,,,
buat tugas KTI...
hwehehehehee.......

m0hon bantuannya ea....

Anonymous said...

keputihan tu bisa sembuh gag yaaa?????

kan atut klo mejadi tambah parah....

gmn caranya biar tuntas,,tas,,tas,,,

FOR WOMEN said...

basmi keputihan dengan crystal-X sudah terbukti sangat ampuh info lebih detail silahkan kunjungi:
http://cristalxnasa.blogspot.com

riezky n luph my honey said...

cwek saya 2 kyk nya kena dh tntg pnykit keputihan......bs nular g k saya (cowok nya).....

naomi issabel said...

thanks ya infonya ....bener2 sangat berguna buat aku.

Anonymous said...

apaKah kPutiHan bisa mNyebaBkan kManduLan?

fachri said...

istri ku sudah lebih 3 thn mengalami penyakit keputihan ini, dari rumah sakit yang satu kerumah sakit yang yang lain, mungkin sudah hampir semua rumah sakit yang ada dikotaku sudah kami kunjungi tapi tak ada titik terang, sampai sekarang istriku masih mengalaminya, apa ada yang punya saran gimana cara menyembuhkan penyakit keputihan ini?
terimakasih.....

Anonymous said...

saya keputihan,tp kputihannya lengket di dlm dan seperti ada sariawan di bibir vagina apa itu berbahaya? trus gmana pengobatannya...?

Anonymous said...

klw keputihan nya hampir setiap hari g brhenti2. bahaya g?

amore said...

saya keputihan,tp keputihan saya seperti orang yg BAK dan itu setiap hari n mengeluarkan bau tdk sedap tp kadang tdk berbau. apa itu sngt berbahaya?

Anonymous said...

fitri saya JG KEPUTIHAN DAN BERLENDIR GITU apa ini berbahaya

Anonymous said...

saia jg keputihan...
tp kalo pas stress ja...
gmn sih carangatasi ny,,,
mksi..

Anonymous said...

cairan keputihan najis gak ya,,,,?
soalnya pas ge pargian jauh dan kbetulan keputihan jadi ribet low harus ganti CD N Soft.......

Anonymous said...

saia keputihan berbentuk ciar sperti air susu dan berwarna putih....bahaya g tuh???

Anonymous said...

sy sering keputihan, aplgi klo mau mens msti bnyk bgt,,,
kdang setiap hari na jg,,, cairanna putih agak kekuning2an... tp kadang bau kadang jg ga.. mnrut anda tu berbahaya apa g???

Anonymous said...

thank's for the info...
dengan statement di atas aku bisa lebih berhati2 lagi dan mencegah nya..

bacterial vaginosis treatment said...

bagus loo bacaannya,
jadi gak telalu khawatir buat cara ngatasinnya.
thx looo

winsang said...

ganti pembalut lokal (yg ada di toko); karena terbuat dari bahan sampah (kertas daur ulang) dan mengandung bahan kimia berbahaya (pemutih). pake pembalut Lovemoon-Anion; mahal memang (krn bukan bahan sampah); jangankan keputihan, bahkan myom, kista dan kanker serviks bisa diatasi. Pembalut ini juga sudah diuji di FDA Amerika, CE EU, hong kong safety mark license dan SGS singapore. Pokoknya top deh

ym-id : rew_in07

Anonymous said...

saya ibu rmh tangga juga keputihan..
gmn cara pengobatan nya.?

solusibisnismu said...

baru kali ini saya membaca tulisan keputihan yang jelas..

winsang said...

Indonesia memang no 1 dalam kanker serviks (beserta gejalanya seperti kista, myom, keputihan dll).
Solusi cerdasnya ditawarkan oleh pembalut dengan teknologi ion negatif (bukan herbal, jamu ataupu bahan kimia). Ion negatif banyak terdapat dipegunungan dan air terjun. Banyak sekali yang membuktikan hasilnya.
Info lebih lanjut, hubungi :
Dyah - 08161817298
Erwin - 08161924847

belajar website said...

apakah keputihan bisa menyebabkan kemandulan??

neng said...

saya berusia 18 tahun,dalam seminggu ini saya suka sering sakit punggung terus sering buang air kencing,kayak nya setiap 2 jam atau 3 jam sekali.terus di bagian kewanitaan saya kayak ada kutil dan terasa sakit.itu tanda tanda apa ya dan bagaimana cara mengobatinya?

cewek taurus said...

tmend" cmwanya....................... quw juga meh mta solusi yang efktif wad mengobaty keptihan,,, quw bgung hrus g5n? apa obat zg tepat ea wad nyembuhn pnyakit nie................. quw cgat gag nya5n bgt....................

Anonymous said...

saya uli maw tanya....
saya keputihan sudah dari seminggu yang lalu...
dan seharusnya smggu yg lalu saya menstruasi tp sampai sekarang blum mens...itu kenapa ya??? apa ada penyakit yg menyerang saya???? keputihannya warna putih dan tidak gatal...tlg balas ya...makasih

Abu Salim said...

Perkenalkan kami dari Blog MurniAlami.com
ingin sharing tentang keputihan.

Ada produk Kunyit Putih Sulthon, harga murah 13rb, mempunyai komposisi curcuma mangga yang berkhasiat banyak untuk permasalahan wanita, salah satunya keputihan. Silahkan kunjungi Blog murnialami.com.

Semoga berkenan, dan mohon maaf.

Anonymous said...

saya juga pernah mengalami keputihan disaat hamil anak 1....dokter kandungan ku menyarankan agar saya setiap hari meminum minuman yang mengandung prebiotik dan kapsul bawang putih tunggal....
setelah melahirkan untuk mencegah keputihan setiap hari aku memakai pentyliner avail...alhamdulillah aku sudah tidak mengalami keputihan lagi....untuk mengetahui produk pembalut avail lebih lanjut kunjungi www.avail-network.com/?id=baimfani

Anonymous said...

kalo di vagina terasa gatel2 trus perih n sakit gitu kalo jalan trus ada lendir putih kaya warna susu gitu namanya keputihan bukan?
trus gimana caranya supaya sembuh soalnya udah 1minggu lebih jadi mengganggu aktivitas sekolah saya?
trus itu berbahaya gak?
tanxs

Anonymous said...

hm m m , krg paham ce sya. . .trus kalo u/ kputihan normal toe gmana? N dgr2 buah2an seperti timun n nenas jg bs memicu melimpah x keputihan? Bner gak?

Anonymous said...

saya sering keputihan, baunya tuh ga enak. kira-kira keputihan itu bisa bikin kanker ga ?

Anonymous said...

Saya mau tanya jeng...
kenapa harus ada keputihan ya...??
kok kehitaman ga ada

rini said...

saya seorang wanita hamil 8 bulan dengan usia 29 thn, saat ini sy mengalami keputihan yang sangat kental seperti susu, gatal dan berbau, sy sudah coba obati dengan sering minum air daun sirih dan cebok dengan air daun sirih yang lagi hangat kuku akan tetapi tidak juga sembuh, sy periksa didokter kandungan, katanya wajar pengaruh dari kehamilan. mungkin ada solusi lain, mohon bantuannya. terima kasih

Anonymous said...

untuk mbak Rini, dari penelitian serta tayangan Trans7, ternyata 62 % penyebab masalah kewanitaan adalah buruknya kualitas bahan materi pembalut. Karena terbuat dari kertas bekas yang diberi pemutih dengan kadar tinggi. Pakailah pembalut Anion, utk lebih jelasnya silahkan hubungi saya di yahoo messenger dg id : rew_in07@yahoo.com...salam

Anonymous said...

maaf dog gw ida 30 tahun menikah;; mo tanya ko gw keputihan dah di obati gak sembuh2 ; dah ke lab n di kasih obt berbentuk pil n yang di masukin ke vagina ' lendir2 keluar trus tak berhenti bahkan gw dah menderita ini bertahun2;; dha periksa gak masalh dg kandunagn; mohon solusi makasihh

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Lencana Facebook

Subscribe My Feed
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Latihan SEO Untuk Pemula
Feedage Grade B rated