Kontra intelijen Definisi dan Pengertiannya ?



Share
Kontra intelijenKontra Intelijen adalah "usaha nasional untuk mencegah badan intelijen asing dan gerakan politik yang dikendalikan kekuatan serta kelompok asing", yang sering kali didukung oleh badan intelijen lainnya agar tidak melakukan infiltrasi ke dalam lembaga negara.

Struktur angkatan bersenjata dan departemen Sipil di dalam maupun luar negeri melalui kegiatan sponiase, subversi dan sabotase. Apalagi targetnya bisa mencakup warga negara atau penduduk yang tidak memiliki afiliasi secara formal dengan pemerintah.

Setelah pernyataan Cicak Lawan Buaya yang mungkin definisinya tidak terlalu sulit hampir sama dan sebangun dengan ungkapan "Ibarat Gajah melawan Semut", "David lawan Goliath". Akan tetapi ... yang sedikit membuat bingung dan banyak membuat bengong ... orang bodoh dan awam seperti saya, adalah definisi dari kontra intelijen.

Arti sederhana dari Kontra Intelijen memakai bahasa orang awam alias menurut orang bodoh seperti saya mungkin hampir sama dengan Mengintip Orang Mengintip. Tidak terbayangkan kalau lembaga-lembaga yang berwenang melakukan penyelidikan ataupun penyidikan di Indonesia saling melakukan Kontra Intelijen dengan berpura-pura melakukan 'sesuatu' sebagai counter dari spionase lembaga lainnya.

Terlepas benar atau salah peristilahan dari definisi dan pengertian Kontra Intelijen tersebut, yang jelas muncul multitafsir. Daripada salah mengartikan Kontra Intelijen karena kita yang sudah bodoh, kembali dibodohi orang-orang pintar. Mendingan mencari referensi dari arti Kontra Intelijen.
Jadi kontra intelijen melintasi batas-batas domestik dan luar negeri. Kontra intelijen terdiri dari langkah-langkah yang bersifat ofensif dan defensif. Langkah defensif dilakukan melalui pencarian informasi dan menggali informasi dari pegawai negeri sipil dan pekerja, melalui penyelidikan, pemantauan atas agen-agen yang diketahui atau dicurigai, serta kegiatan-kegiatan pengintaian untuk mendeteksi dan menetralisir kehadiran badan intelijen asing. Kontra intelijen juga menangani tindakan terorisme apakah itu diawali di dalam maupun luar negeri.

Langkah ofensif dilakukan melalui pencocokan informasi tentang badan intelijen asing dengan modus operandinya, melalui perekrutan agen, dan memulai operasi untuk mempenetrasi, mengganggu, mengecoh dan memanipulasi badan-badan serta organisasi-organisasi terkait demi kepentingannya sendiri.

Kontra intelijen adalah bagian integral dari kesuluruhan proses intelijen yang dirancang guna memastikan apa yang dikumpulkan adalah benar, melalui evaluasi yang berkelanjutan dari sumber dan informasi yang ada. Ini berbeda dari pengumpulan intelijen dimana kontra intelijen ada untuk menghadapi suatu ancaman, apakah itu dari badan intelijen musuh atau dari kelompok non negara, sehingga sampai sekala tertentu ia bersifat reaktif.

Hasil kontra intelijen pada umumnya tidak diproduksi dalam jangka pendek dan walaupun ada beberapa pengecualian penyidikan kontra intelijen tidak dapat dibatasi oleh suatu periode waktu yang ditentukan.

Karena spionase itu adalah tindak pidana, beberapa kontra intelijen akan memicu operasi penegakan hukum. Namun, menangkap mata-mata dan mengungkap kemampuan pengumpulan teknis negara asing merupakan kegiatan yang lebih rumit dari sekedar menangkap penjahat domestik dan asing. Motivasi dan sumber daya yang mendukung penjahat biasa berbeda dengan apa yang digunakan untuk mendukung badan intelijen asing.

Karena itu keterampilan penyelidikan pidana seringkali tidak berfungsi dalam operasi kontra intelijen. Sebagai akibatnya, ada argumen yang kuat untuk mendukung penyatuan intelijen manusia yang ofensif dan kontra intelijen ke dalam satu organisasi tunggal, tidak ada argumen yang meyakinkan untuk mencampurkan antara kontra intelijen dan penegakkan hukum.

Apalagi bila kita kaitkan dengan pendekatan multidisipliner dalam hal pengumpulan, yakni penggunaan SIGINT dan IMINT, yang menjadi sangat penting dalam memenuhi kebutuhan kontra intelijen saat ini. Wallahualam.

0 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Blogging Tip Blogs - Blog Catalog Blog Directory My Zimbio My Ping in TotalPing.com ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...