Tips Berpoligami (Penghasilan)



Share
Ini bukan cerita tentang AA Gym kok. Melainkan, panduan untuk memadukan lebih dari satu sumber penghasilan dalam satu situs. Berpoligami penghasilan kalau boleh saya istilahkan. Mungkinkah? Jelas mungkin. Dan seperti halnya berpoligami (atau poliandri), kepintaran untuk mengatur dan berbagi jatah mutlak diperlukan. Memang tidak bisa adil seperti yg diidealkan, namun setidaknya, masing2 dapat diusahakan untuk bekerja dan berfungsi semaksimal mungkin, sesuai dengan kodratnya.

Tips 1: Pahami Karakteristik Istri Anda

Hal yg harus dilakukan pertama kali adalah memahami karakteristik dari masing2 sumber penghasilan yg ada. Yah namanya berpoligami, wajib dong kita mengenal sifat istri2 kita. Ya kan? Nah, hasil dari analisa karakteristik inilah yg nanti menjadi dasar untuk memanajemen masing2 sumber penghasilan yg ada.
Selain untuk keperluan manajemen, pengetahuan tentang karakteristik diperlukan juga untuk mengatur sumber2 penghasilan apa saja yg bisa dimanfaatkan secara bersamaan. Kalau sampai salah, bisa2 nanti berantem dan minta dicerai (baca: dibanned).Misalnya saja, meletakkan AdSense dan BidVertiser pada satu situs sama saja dengan meminta dua istri yg pencemburu untuk tinggal di satu atap, hehehe.
Karakteristik sumber penghasilan yg perlu dipahami:
  • TOS / Policies / aturan pakai.
  • Sistem yg digunakan.
  • Produk yg ditawarkan.

Tips 2: Kenali Diri Anda

Tak kenal maka tak sayang. Tapi kalau sampai tak mengenali situs Anda sendiri tentu kebangetan namanya. Jadi, pastikan Anda paham betul seperti apa sebenarnya situs Anda itu. Apa topiknya, bagaimana konsepnya, siapa target market-nya, dan sebagainya. Jika diibaratkan seorang lelaki yg ingin berpoligami, ini berarti memahami karakteristik dan sifat pribadinya, dan menggunakannya untuk memikirkan matang2 mana calon istri yg cocok dan sepadan.

Tips 3: Berbagi Dengan Bijaksana

Setelah memahami karakteristik diri Anda (baca: situs Anda) dan istri2 Anda (baca: sumber2 penghasilan), saatnya untuk mengatur dan berbagi. Secara umum, aturan mainnya adalah sebagai berikut:
  • Letakkan program yg paling diutamakan pada tempat2 yg strategis pada situs Anda, khususnya pada area above the fold.
  • Letakkan program2 yg tidak memerlukan interaksi pengunjung pada area halaman yg tidak terlalu menguntungkan. Contoh pada bagian footer.
  • Hindari meletakkan program2 yg sejenis dalam satu area halaman yg sama karena seringkali hasilnya menjadi tidak efektif. Misalnya Chitika dengan Amazon.
  • PENTING: Perhatikan perbandingan antara content halaman dengan jumlah program2 yg ada. Jangan terlalu menjejali halaman dengan elemen2 non-content karena resikonya Anda akan kehilangan loyalitas pengunjung.
Tidak susah bukan? Sebagai contoh, salah satu situs saya menggunakan Google AdSense, Chitika, BlogAds, AuctionAds, Vizu Answer, Text-Link-Ads, AdBrite, dan Kontera secara bersamaan dan masing2 (yg berbasis CPC) memberikan perfomance yg baik. Baik di sini artinya pada saat saya menambahkan satu buah program baru maka perfomance (CTR) dari program2 lain tidak terpengaruh. Jadi anggapan bahwa memadukan beberapa program penghasil uang pada satu halaman situs yg sama hasilnya tidak efektif adalah tidak benar.

Tips Paling Utama: Penghasilan = Content + Traffic

Artinya, sebelum Anda berpikir tentang berapa banyak yg bisa Anda dapatkan dan sumber2 penghasilan apa saja yg bisa Anda gunakan, fokuskan terlebih dahulu pikiran dan kerja Anda pada pembuatan content yg bagus dan berbagai tehnik mendatangkan trafik (baca: SEO). Selanjutnya, earning akan berbanding lurus dengan keduanya. Itu saja.
Semoga Anda bisa menjadi suami yg baik *loh*


PS: Tulisan ini sudah di-edit untuk menghilangkan kata2 yg tidak pantas dibaca oleh mereka2 yg belum cukup umur untuk menikah. Apalagi berpoligami / berpoliandri.

3 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Ani said...

Judulnya menjual banget nih!

handoyo said...

oom gimana saya mo berpoligami?, buat dapet account adsense aja ditolak teruss, saya udah 4 kali bikin blog dan di ajukan ke adsense selalu di tolak, apa sih sarat dan seserahan biar bisa dapet adsense dan tentunya berpoligami ?
http://blackberryf4ans.blogspot.com/
http://redeyesdragon.wordpress.com/

Fadli Idris said...

Penghasilan = Content + Traffic, yang jadi pertanyaan adalah gimana mendapatkan traffic, karena content sudah ada. :)

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...