Logo Pray for Indonesia



Share
Tanpa ada yang tahu siapa yang mempelopori, istilah 'Pray for Indonesia' mendunia dalam sekejab. Dengan menampilkan pita hitam dan lambang Burung Garuda, simbol 'Pray for Indonesia' ini, memikat iba seluruh jagat ke negeri yang sedang dirundung petaka ini.

Dari banjir bandang di Wasior, lindu dan air laut yang menggulung Mentawai, hingga awan mendidih 600 derajat celsius yang menyiram kawasan sekitar Merapi di Yogyakarta. Daftar petaka ini mengharubiru susul menyusul dalam sebulan. Wasior 4 Oktober, Mentawai 25 Oktober dan Merapi 26 Oktober.

Sejumlah petinggi dunia, juga pesohor di panggung hiburan menghaturkan belasungkawa yang mendalam. “Michelle dan saya sangat berduka atas korban tewas, luka dan kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi dan tsunami di Sumatra Barat,” ujar Presiden Amerika Serikat Barrack Obama di Gedung Putih pada Selasa, 26 Oktober 2010, seperti dilansir laman Daily Telegraph.

Presiden yang pada masa kanak-kanak pernah menetap di Jakarta ini mengungkapkan, “Sebagai sahabat Indonesia, Amerika Serikat siap membantu dengan berbagai cara.”

Ungkapan berduka cita juga membanjiri situs jejaring sosial seperti Twitter. Sejak Merapi meletus, sore kemarin, sejumlah topik mengenai Indonesia masuk sepuluh besar trending topic.

Ada #prayforindonesia, "bless Indonesia" dan "mentawai." Bahkan, #prayforindonesia sempat menempati posisi teratas trending topic di jejaring Twitter. Sejumlah artis dunia memantulkan topik ke jutaan pengikut mereka di dunia maya itu.


Aktor Hollywood, Tom Cruise, angkat bicara mengenai Indonesia dalam akun Twitternya. Cruise sepertinya penasaran dengan tiga trending topic yang bertema Indonesia itu. "Our hearts go out to the people of Merapi & Jakarta Indonesia," kata Cruise dalam akun Twitter-nya, Rabu 27 Oktober 2010.

Bintang 'Mission Impossible' itu lalu melampirkan sebuah berita yang menceritakan dua bencana alam di Indonesia. "Jika Anda tahu dari organisasi bantuan terbaik untuk membantu Indonesia terluka & pengungsi, beritahukan kami agar kami dapat lulus bersama," tweet berikutnya dari Cruise dalam Bahasa Indonesia yang terkesan diterjemahkan melalui mesin.

Tak hanya Cruise, rasa penasaran pada trending topic ini juga menghinggapi sejumlah selebriti dunia lainnya. Mereka mengungkapkan rasa prihatin atas bencana yang menimpa Indonesia.

Kim Kardashian, sosialita dan pebisnis cantik ini dalam Twitter-nya menuliskan, "My heart goes out to all those affected by the quake and the volcano eruption in Indonesia #lifeisprecious #prayforindonesia."

Justin Bieber, penyanyi remaja yang sedang di puncak kemasyuran itu juga tak mau ketinggalan. "Just found out about the earthquake in Indonesia. everyone please pray for the people there. #prayforindonesia," tulis Bieber dalam akunnya.

Rasa simpati dan doa juga datang dari pasangan hidup Nicole Richie, Joel Madden. Ia berharap masyarakat Indonesia akan kuat menghadapi masalah ini. "Indonesia I love you be strong," begitulah bunyi dari tweet Joel Madden.

Selain itu, Joe Jonas, personel Jonas Brother, juga ambil bagian. Ia menulis, "#prayforindonesia so sad."

Dan, Prince Jackson, putra Michael Jackson, ikut menuliskan, "My heart broke for that notice! So just let's pray for our brothers They need our Help and Love and they Need of GOD! so #prayforindonesia."

Selain kerugian harta benda, bencana yang sambung menyambung itu sudah menamatkan banyak raga. Wasior 101 orang tewas. Hingga Rabu sore ini, diperkirakan 200 orang tewas akibat petaka 15 menit di Mentawai.

Jumlah korban di Mentawai itu, "Kemungkinan terus bertambah, sekarang masih ditumpuk untuk diidentifikasi," kata Joskamatir, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Pagai Utara Selatan, Kepulauan Mentawai, melalui telepon kepada VIVAnews.com. Sementara korban hilang, menurut Joskamatir, lebih dari 400 orang.

Sementara letusan Merapi sudah menelan korban 29 orang. Jumlah ini pun masih sementara, sebab korban lain terus dicari di daerah siraman debu vulkanik itu. Proses pencarian korban serba hati-hati, sebab letusan susulan sangat mungkin terjadi.

1 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Anonymous said...

aku berdoa untuk indonesia
semoga disucikan dari orang2 yang membawa dampak buruk buat indo
semoga mereka di sucikan pikirannya dan tindakannya dengan bencana2 ini.
semoga mereka berubah.
terutama para koruptor, aliran ekstrim keagaan, teroris, dan orang2 perusak moral. amin

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...