[HowTo] Mencairkan Cek dari Google AdSense



Share

[HowTo] Mencairkan Cek dari Google AdSense


Piggy Bank Images


Baru saja dapat cek dari Google AdSense? Selamat! Anda memang berhak mendapatkannya. Tentunya dengan banyak usaha dan kerja keras kan? :) Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mencairkan cek tersebut?


Bagi yg udah veteran dalam hal menerima dan mencairkan cek mungkin bukan masalah, karena cara mencairkan pembayaran dari AdSense ini tidak berbeda dengan mencairkan cek2 lainnya. Bagi yg masih first-timer, di bawah ini ada 2 metode yg bisa dipilih untuk menguangkan kertas berharga tersebut.



Melalui Bank


Pada dasarnya, bank apapun yg Anda pilih tidak mempengaruhi jangka waktu pencairan cek. Rata2 waktu yg dibutuhkan untuk mencairkan cek Google AdSense dari Indonesia adalah 2 minggu, tapi ini belum termasuk waktu yg dibutuhkan untuk proses pengiriman cek dari bank yg kita gunakan menuju ke bank yg digunakan oleh Google dalam pembayaran cek tersebut (Bank CitiBank di New York, tepatnya).


Secara garis besar, jalur perjalanan cek kita dari sejak kita serahkan hingga cair dan masuk ke rekening kita adalah sbb:

(1) Cek diterima oleh bank cabang

(2) Cek dikirimkan oleh bank cabang ke bank pusat

(3) Cek diperiksa dan jika valid, dikirimkan ke bank yg bersangkutan (yg digunakan oleh Google)

(4) Cek diperiksa dan jika valid, dicairkan

(5) Cek beserta uang dikirimkan kembali ke bank pusat

(6) Cek beserta uang diterima di bank cabang dan dimasukkan ke dalam rekening


Sebelumnya dilanjut, mohon langkah2 di atas dikoreksi jika ada kesalahan.


Apabila ditotal, rata2 waktu keseluruhan yg dibutuhkan adalah 4 minggu atau sekitar 30 hari. Ini berlaku pada semua bank, jadi tidak ada gunanya mencari bank mana yg lebih cepat proses pencairannya.


Nah, yg perlu diperhatikan adalah, persyaratan masing2 bank dalam menerima cek untuk dicairkan berbeda. Bahkan, antar cabang bank di kota satu dengan kota lain juga berbeda. Di sinilah mungkin kita harus mencari info terlebih dahulu. Sekedar informasi, bank yg saya gunakan, Bank Niaga cabang Jemursari, hanya mensyaratkan agar orang yg mencairkan cek menjadi nasabah terlebih dahulu dengan nama yg sama dengan yg tercantum di cek tersebut.


Hal terakhir yg perlu diperhatikan untuk pencairan cek di bank adalah masalah biaya. Besarnya bervariasi, tergantung kebijaksanaan masing2 bank (bahkan ada yg mengambil potongan berdasarkan persentase, hindari bank seperti itu!), namun rata2 sekitar $20. Ini mencakup biaya pengiriman cek ($10 - $15) dan potongan pencairan cek itu sendiri ($5 - $10). Untuk biaya pengiriman, biasanya langsung diambil dari rekening tabungan kita, dan di-debet pada saat cek dikirimkan (1 hari setelah diserahkan). Jadi jangan lupa untuk mengecek saldo Anda terlebih, siapa tahu tidak mencukupi.


Melalui KiosCek.Com


Dalam beberapa waktu terakhir ini, nama KiosCek semakin populer di kalangan publisher AdSense. Tidak heran, layanan yg ditawarkan benar2 menggiurkan. Berbeda dengan pencairan di bank yg membutuhkan waktu 4 minggu, pencairan cek di KiosCek hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja (terhitung sejak cek diterima).


Pada intinya, KiosCek bekerja sebagai pihak perantara antara kita, pemegang cek, dengan bank tempat cek tersebut dikeluarkan. Jika kita menggunakan jasa mereka, maka pihak KiosCek akan “nalangin” (bahasa Indonesia-nya apa yah?) terlebih dahulu cek tersebut dengan memberikan uang sesuai dengan ketentuan pencairan mereka (kurs dan potongan) kepada kita. Cek kita nantinya, dengan bekal surat kuasa yg kita berikan, akan mereka cairkan sendiri ke bank yg bersangkutan.


Kesimpulan


Lebih menguntungkan mana? Dari sisi waktu, jelas KiosCek lebih unggul karena Anda hanya perlu menunggu 1 hari saja (plus waktu pengiriman cek). Namun dari sisi potongan, KiosCek menggunakan sistem persentase, yaitu Rp 100.000,- per $100 (atau dengan kurs $1 = Rp 10.000,- sama dengan 10%-nya). Pada angka tertentu, potongan yg diminta oleh KiosCek tentunya jauh lebih besar dibandingkan apabila kita mencairkan dengan cara konvensional, di bank.


Pilih mana? Ya tentunya ini kembali pada Anda sendiri. Jika butuh dana cepat, gadaikan aja BPKB motor pakai saja jasa KiosCek, cepat dan sejauh ini, terpercaya. Tapi jika kebetulan lagi gak butuh beli apa2, gunakan jasa bank.

Semoga bermanfaat :)


Referensi lain:



==============================


PS:

(1) Gambar diambil dari http://www.britishcouncil.org/hu/hungary-learn-english-in-hungary-tax-refund-330×220-piggy-bank.jpg

(2) Untuk informasi lebih lanjut mengenai KiosCek, termasuk detil prosedur dan biaya, kunjungi situs KiosCek.Com.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 22 January 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi. Dan apabila Anda tertarik untuk memiliki theme-theme Wordpress yang menawan, silahkan cek produk terbaru saya, Art of Stealing Wordpress Themes, rilis 1 Juli 2008 mendatang!

2 Komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Mrs.Abdelhady said...

tuh kan, ternyata susah juga,, ga ada cara pembayaran lain ya? oh ya, gimana klo kita cuma nerima sekitar 30$? habis dijalan dong. emang ada jangka waktu tertentu setiap kali pengiriman? thanks

Anonymous said...

sob, mantap, just visit me back. http://www/blogger-blogz.co.cc

Post a Comment

Silahkan Komentar Nye-Pam terpaksa saya Hapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...